Cegah Penyakit DBD, Polres Mabar Bersama Puskesmas Labuan Bajo Lakukan Fogging

Cegah Penyakit DBD, Polres Mabar Bersama Puskesmas Labuan Bajo Lakukan Fogging

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam rangka mengantisipasi meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Kepolisian Resor Manggarai Barat (Polres Mabar) bekerja sama dengan Puskesmas Labuan Bajo melakukan fogging di Lingkungan Polres Mabar, Sabtu (6/8/2022) 

Pelaksanaan fogging yang di lakukan oleh Tim Puskesmas Labuan Bajo, menyasar asrama Perwira dan Bintara maupun mako Polres Mabar. 

Kapolres Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto, S.I.K, M.Si., melalui Kasi Dokkes Ipda dr. Gde Yoga Ari Saputra mengatakan tujuan kegiatan fogging ini dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi tersebarnya penyakit Demam Berdarah. 

“Kita perlu mencegah, sebelum penyakit DBD tersebar, “Ujarnya.

Kata Ipda Yoga, meskipun fogging merupakan salah satu usaha untuk mencegah DBD, langkah lebih penting dan utama adalah dengan melakukan gerakan 4M Plus tersebut, lanjut Ipda Yoga yakni menguras tempat-tempat penampungan air seminggu sekali, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air yang dapat dijadikan sebagai wadah bertelurnya nyamuk DBD. 

“Plusnya adalah menggunakan kelambu saat tidur pagi atau sore bagi anak atau bayi, menggunakan obat anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik. Selain itu, lakukan pemantauan jentik nyamuk DBD,” tambahnya

Ipda Yoga mengimbau kepada anggota Polri yang tinggal di lingkungan Polres Mabar maupun yang tinggal di luar, agar meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran penyakit DBD. Pasalnya, perkembangan nyamuk Aedes Aegypti akan semakin banyak apabila lingkungan tidak bersih. 

“Apabila perkembangbiakan nyamuk (Aedes Aegypti, red) sudah bertambah banyak, tentu potensi penularan penyakit DBD akan semakin besar,” Imbuh Ipda Yoga