Cegah Laka Laut, Sat Pol Airud Polres Mabar, Sambangi Nelayan dan Pelaku Usaha Kapal Wisata

Cegah Laka Laut, Sat Pol Airud Polres Mabar, Sambangi Nelayan dan Pelaku Usaha Kapal Wisata

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Satuan Polisi Perairan dan Udara Polres Manggarai Barat sambangi para nelayan dan pelaku usaha kapal wisata di dermaga marina Labuan Bajo, Selasa (20/12/2022). 

Dalam kegiatannya yang dilakukan personil Satuan Pol Airud sejak pukul 10.00 WITA, Satu per satu kapal nelayan maupun pelaku usaha kapal wisata didatangi sambangi untuk memberikan imbauan agar selalu menjaga keselamatan dan keamanan tamu serta selalu menyiapkan alat-alat keselamatan di kapal serta melengkapi dokumen-dokumen kapal saat berlayar. 

Selain memberikan imbauan keselamatan, para nelayan dan pelaku usaha kapal wisata juga diimbau untuk tetap menjaga kelestarian sumber daya alam dengan tidak menangkap hasil laut dengan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan serta serta  menjaga kebersihan pesisir pantai dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat. 

Tidak hanya itu, anggota Satuan Pol Airud juga mengimbau agar  dalam mengangkut tamu maupun barang, agar tidak melebihi kapasitas kapal (overload).

“Dalam rangka menciptakan mencegah terjadinya kecelakaan di Laut, Polairud rutin  sambangi masyarakat untuk memberikan imbauan keselamatan berlayar maupun memberikan imbauan kepada masyarakat pesisir dapat menjaga sumber daya alam di laut dengan baik dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum di wilayah perairan,” ungkap Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto,S.I.K.,M.Si melalui Kasat Pol Airud Iptu Wayan Merta. 

Lebih lanjut Iptu Wayan mengimbau, agar masyarakat nelayan maupun pelaku usaha kapal wisata selalu mewaspadai cuaca ekstrim yang sering terjadi. 

“Kami harap masyarakat dapat mencari informasi cuaca baik melalui media sosial BMKG Manggarai Barat maupun kepada petugas yang berwenang,” imbuhnya.