Cegah Kejahatan, Bangun Sinergi

Cegah Kejahatan, Bangun Sinergi

Oleh : KOMPOL Edward Jacky T.  Umbu Kaledi,  S.H, S.I.K, M.M. (Wakapolres Manggarai Barat)

Ironi, pada dasarnya tidak ada seorangpun manusia yang suka dengan ketidaknyamanan dalam hidupnya. Namun disisi lain, semakin tidak diinginkan justru keresahan akibat gangguan kamtibmas semakin meningkat.

Kondisi seperti inilah yang menuntut kerjasama Polisi dan Masyarakat sebagai bagian paling fundamental dalam upaya ciptakan kamtibmas di setiap lingkungan sosial.

Munculnya ancaman terhadap kenyamanan Masyarakat saat ini tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tinggi dan cepatnya arus pergeseran penduduk antar daerah, antar pulau, bahkan antar negara.

Situasi seperti ini akan berdampak pada stabilitas keamanan suatu lingkungan sosial akibat terjadinya culture gap. Perbedaan budaya, ketimpangan sosial dan ragam persepsi tentu membutuhkan waktu untuk terjadinya proses adaptasi.

Nah, rentang waktu adaptasi inilah yang menjadi salah satu celah terjadinya benturan-benturan sosial yang tak jarang berimbas menjadi konflik antar kelompok bahkan bila tidak dapat dikendalikan dengan baik akan mningkat menjadi kebrutalan emosional yang berakibat fatal.

Dengan demikian, sangat penting kemampuan seorang Polisi untuk cepat dan tepat dalam menganalisis kemungkinan terjadinya “rentang waktu sosial” hingga menyiapkan solusi untuk mengatasi apabila terjadi sesuatu yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk upaya mencegah kejahatan dan agar dapat terlaksana dengan baik tentu membutuhkan peran serta aktif dari masyarakat yang bersinergi dengan kepolisian pada setiap level baik pada tingkat polres , polsek, pos pol dan yang paling utama adalah para Bhabinkamtimas sebagai ujung tombak.

Oleh karena itu, sudah saatnya Polisi dan Masyarakat saling mendukung, saling menguatkan dan yang paling penting adalah saling bertukar informasi tidak hanya dalam situasi formal tetapi juga dalam aktivitas informal keseharian Masyarakat.

Ayo Bersinergi... Untuk Cegah Kejahatan. SALAM PROMOTER!!!