Wujudkan Kamtibmas, Kapolda NTT Tatap Muka Dengan Forkompinda dan Para Tokoh di Labuan Bajo

Wujudkan Kamtibmas, Kapolda NTT Tatap Muka Dengan Forkompinda dan Para Tokoh di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., mengadakan pertemuan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Manggarai Barat, tokoh masyarakat (Tomas), tokoh agama (Toga), tokoh pemuda (Toda), serta perwakilan KPU dan Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat pada Senin (19/8/2024) siang.

Acara yang berlangsung di ruang Vicon Polres Manggarai Barat ini menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi dan komunikasi antara kepolisian dan pemerintah daerah, terutama menjelang tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan datang.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan yang hangat dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan seluruh jajaran Forkopimda.

Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A. menekankan pentingnya hubungan yang baik dan komunikasi yang efektif antara kepolisian dan berbagai pihak dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Manggarai Barat.

"Kunjungan kerja ini adalah bagian dari program prioritas Polda NTT untuk memastikan kesiapan Polres Manggarai Barat dalam menghadapi Pilkada serentak. Dinamika politik pasti ada, namun dengan komunikasi dan koordinasi yang baik, kita bisa mendeteksi dan mengantisipasi potensi gangguan sejak dini," kata Kapolda NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT ini juga menegaskan bahwa kepolisian akan bertindak tegas sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam undang-undang untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). 

Dirinya juga berharap agar seluruh elemen masyarakat, termasuk jajaran kepolisian, dapat bekerja sama dalam menciptakan suasana yang tertib dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada serentak di kota pariwisata super premium itu.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, M.Kes., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kapolda NTT dan rombongan.

Ia berharap kunjungan ini tidak hanya mempererat silaturahmi, tetapi juga memperkuat kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat dan institusi kepolisian yang ada di daerah itu.

"Kami sangat menghargai prestasi dan kinerja kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban, terutama di masa Pilkada ini. Semoga sinergi yang terbangun semakin meningkatkan kepercayaan publik dan memastikan bahwa Pilkada serentak berjalan dengan lancar dan damai," kata dr. Weng sapaan akrabnya.

Pertemuan ini diharapkan menjadi dasar kuat untuk kolaborasi lebih lanjut antara kepolisian dengan pemerintah daerah dan para tokoh-tokoh dalam menjaga keamanan dan kesuksesan pembangunan di Kabupaten Manggarai Barat.**#