Wakili Kapolres, Wakapolres Manggarai Barat Hadiri Rapat Koordinasi Pengamanan dan Penataan Wisata Kuliner Kampung Ujung

Wakili Kapolres, Wakapolres Manggarai Barat Hadiri Rapat Koordinasi Pengamanan dan Penataan Wisata Kuliner Kampung Ujung

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Soroti keamanan dan penataan Wisata Kuliner Kita-Kita Kampung Ujung, Wakapolres Manggarai Barat (Mabar) Kompol Alberd Y. Ndun, SH mewakili Kapolrs menghadiri rapat koordinasi pengamanan dan penataan di Ruang Rapat Bupati Mabar, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar Senin, (07/02/19) Kemarin.

Turut hadir Bupati Mabar Drs. Agustinus Ch. Dulla bersama asisten, Kajari Mabar Yulius Sigit Purwanto, SH, MH, Camat Komodo Imran, SIP, Kasat Intelkam Polres Mabar Iptu Cakra Mudra, SIP, Para SKPD dan Instansi terkait, dan Pihak Pengelolah Kuliner Kita-Kita Kampung Ujung.

Disampaikan Bupati, perlu adanya pembenahan dari berbagai aspek untuk menjadikan wisata kuliner kampung ujung sebagai pendukung sektor pariwisata labuan bajo.

“Kita harus perlakukan secara khusus, sehingga dapat dikategorikan layak untuk menerima tamu, utamanya tamu mancanegara,” Ujar Bupati.

Adapun beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan diantaranya persoalan penetapan standar harga, keamanan, kebersihan, penataan lahan parkir perbaikan fasilitas listrik dan air bersih.

“Terkait bongkar muat kapal di wilayah Syahbandar perlu diatur kembali agar tidak mengganggu saat orang sedang makan di Kuliner Kampung Ujung dan tidak menimbulkan kemacetan” Lanjut Bupati.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Syahbandar mengaku belum mengetahui aturan bongkar muat yang harus diatas jam 11 malam.

“Kemudian untuk parkir kapal di kampung ujung kami harap ada penambahan moring ataupun kayu sehingga kapal-kapal terparkir rapih” Tanda Kepala Syahbandar

Pada kesempatan yang sama, menurut Camat Komodo dalam memelihara keamanan pihak pengelola perlu berkoordinasi dengan Dishub, Pol PP dan Polres Mabar di lokasi wisata kuliner maupun di area lahan parkir.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Mabar mengatakan lahan parkir di malam hari untuk sementara berada di lapangan SDN 1 Labuan Bajo setelah melalui koordinasi dengan kepala SDN dan Satuan Lantas Polres Mabar.

“Kedepan kami meminta kepada bapak bupati untuk menyediakan lahan parkir di jalur baru sepanjang Pelni hingga pasar lama,” Ujar Kadis Perhubungan.

Terkait kebersihan makanan, perwakilan BPOM telah memberikan pelatihan kepada para para pemiliki stand untuk menjaga kebersihan makanan.

Rencananya, rapat lanjutan akan dikembali di gelar guna memantapkan gagasan-gagasan terangkum sementara ini.