Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Tenggelam Diperairan Pulau Kelapa Labuan Bajo

Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Tenggelam Diperairan Pulau Kelapa Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Seorang pria tenggelam di perairan Pulau Kelapa, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu malam (24/9/2023).

Pria tersebut berinisial IN (40) warga Lambaleda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, NTT yang berdomisili di Labuan Bajo, Manggarai Barat itu berhasil dievakuasi tim SAR gabungan sekitar pukul 02.00 Wita pada Senin (25/09/2023) dini hari.

Lokasinya di sebelah selatan Pulau Kelapa pada titik koordinat 08°29'18.1"S - 119°51'18.8"E atau 2,15 Nautical Mile arah barat dari Pelabuhan Marina Labuan Bajo

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., melalui Kasat Polairud, AKP I Wayan Merta mengatakan korban IN (40) meninggal dunia karena tidak bisa berenang setelah sampan yang ditumpanginya mengalami kebocoran.

Ketika itu, IN (40) naik sampan bersama dua rekannya bernama Sipri dan Eno. Kedua rekannya selamat setelah berhasil berenang ke daratan.

"Korban tenggelam karena tidak bisa berenang," kata Perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi itu, Senin (25/09/2023) siang.

Kasat Polairud menjelaskan kecelakaan itu berawal ketika IN (40) mengajak Sipri dan Eno mancing di keramba pada Minggu (24/09/2023) sore. Mereka juga sempat makan malam di keramba tersebut.

Sekitar pukul 22.05 Wita, IN (40) mengantar pulang Sipri dan Eno ke Pulau Kelapa menggunakan sampan. Baru sekitar tiga meter berjalan dari keramba, nasib naas menimpa ketiganya, sebab sampan yang dipakai mengalami kebocoran.

Perlahan, sampan mulai tenggelam di perairan tersebut, ketiganya berusaha menyelamatkan diri. Namun hanya Sipri dan Eno yang berhasil selamat. Sedangkan IN (40) tidak terlihat sosoknya sejak sampan tersebut tenggelam.

"Pada saat kurang lebih tiga meter dari keramba sampan yang ditumpangi mengalami kebocoran sehingga sampan tenggelam," ujar Mantan Kasi Propam itu.

Sipri dan Eno yang berhasil berenang ke daratan kemudian menyadari IN (40) tak bersama mereka. Mereka melihat senter milik IN (40) yang masih menyala di lokasi dia tenggelam. Eno lantas berenang mengevakuasi IN (40) ke Pulau Kelapa.

"Saat tiba di pesisir pantai, korban sudah dalam kondisi lemas dan tak sadarkan diri. Saudara Eno sempat melakukan RJP (redusi jantung paru), namun korban sudah tidak bernyawa lagi," jelas AKP I Wayan Merta.

Lanjutnya, sekitar pukul 02.24 Wita, tim SAR gabungan yang terdiri dari personil Basarnas Pos Manggarai, Lanal Labuan Bajo dan Satpolairud Polres Manggarai Barat melakukan evakuasi jenazah tersebut dari Pulau Kelapa menuju Pelabuhan Marina Labuan Bajo.

"Setelah mendapat laporan, kami langsung bergerak menuju Pulau Kelapa guna mengevakuasi korban. Usai melakukan evakuasi, korban langsung dibawa menggunakan Ambulance menuju RSUD Pratama Komodo Labuan Bajo," pungkasnya.**#