Tanggap Bencana, Polsek Komodo Bantu Warga Terdampak Angin Puting Beliung

Tanggap Bencana, Polsek Komodo Bantu Warga Terdampak Angin Puting Beliung

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kepolisian Sektor Komodo, Polres Manggarai Barat bergerak cepat membantu warga yang terdampak angin puting beliung di Desa Watu Nggelek, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Angin puting beliung ini terjadi pada, Senin (06/12/2021) malam sekira pukul 23.00 Wita yang mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Komodo, IPTU Muhammad Yakub mengatakan pasca insiden tersebut, pihak Kepolisian setempat langsung mendatangi lokasi dan melakukan kerja bakti tanggap bencana ke rumah–rumah warga yang terdampak bencana. Selain bersih–bersih, dan membantu memperbaiki rumah yang rusak, pihak Kepolisian juga memulihan semangat warga terdampak.

"Anggota Kepolisian bersama TNI juga membantu warga untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung," kata Kapolsek Komodo, Selasa (07/12/2021) pagi. 

IPTU Muhammad Yakub menjelaskan akibat bencana ini setidaknya ada 3 rumah yang terdampak, yaitu di RT 06, Dusun Cuka, Desa Watu Nggelek. Rata–rata rumah warga mengalami kerusakan pada atap yang terbang terbawa angin puting beliung saat bencana terjadi.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," ungkap Kapolsek Komodo.

"Adapun korban yang terkena bencana tersebut yakni, Bapak Anselmus T. Gentur (50), Ibu Theresia Ila (58) dan Bapak Maximus Ngampul (48). Ketiganya merupakan warga RT 06, Dusun Cuka, Desa Watu Nggelek, Kecamatan Komodo," tambahnya. 

Selain itu, usai melakukan pendataan warga yang terdampak bencana tersebut, Kapolsek Komodo langsung menyerahkan bantuan bagi warga korban angin puting beliung tersebut.

Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Kapolsek Komodo IPTU Muhammad Yakub didampingi Bhabinkamtibmas Desa Watu Nggelek, Aipda Gerson A. Anin, S.H. dan Babinsa Kopda Wayan Triana.

Kapolsek Komodo, IPTU Muhammad Yakub mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata kepedulian Polres Manggarai Barat melalui Polsek Komodo kepada warga yang membutuhkan, dan kegiatan sosial adalah salah satu program dari Kapolres Manggarai Barat untuk meringankan beban warga sekaligus sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan kemitraan.

"Kegiatan sosial Polres Manggarai Barat digelar secara berkelanjutan, baik tingkat Polsek maupun Polres. Sebagai wujud nyata kepedulian Polri kepada Masyarakat," ucap IPTU Muhammad Yakub.

Mantan Kasi Propam Polres Manggarai Barat itu juga menyampaikan rasa empati dan keprihatinan atas apa yang menimpa kepada warga Desa Watu Nggelek yang rumahnya terkena bencana angin puting beliung.

Kepada mereka IPTU Muhammad Yakub berpesan untuk sabar dalam menghadapi cobaan, kemudian kepada para tetangga dan warga sekitar, Ia mengajak untuk selalu kompak dalam membantu meringankan beban, baik dengan bantuan materi ataupun tenaga seikhlasnya.

"Warga sekitar harus kompak, mari kita bantu saudara kita yang membutuhkan untuk kebersamaan," ujar Kapolsek Komodo.

Sementara itu, menyikapi musim hujan yang sudah mulai intensif dan sering turunnya hujan, bahkan kadang juga disertai oleh angin kencang. Kapolsek Komodo menyampaikan imbauan kepada warga agar selalu waspada dan mawas diri untuk antisipasi bencana alam yang bisa saja terjadi.

"Kita sampaikan imbauan kepada warga, terutama di wilayah yang rawan bencana untuk selalu hati–hati dan siap siaga bila terjadi bencana," tandasnya.

Anselmus T. Gentur (50), salah satu warga penerima bantuan mengaku senang dan berterimakasih kepada Polres Manggarai Barat. Ia juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah peduli dengan memberikan bantuan baik materi maupun fisik kepada dirinya dan warga korban angin puting beliung.

"Tentunya kami mengucapkan terimakasih. Kami tidak bisa membalas apa–apa, semoga berkah untuk kita semua. Ini adalah cobaan yang berat, namun kami harus kuat," kata Anselmus. *[RS]*