Srikandi Polri Turut Dalam Pengamanan TPS di Pilkada Manggarai Barat

Srikandi Polri Turut Dalam Pengamanan TPS di Pilkada Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Meski tahap pencoblosan sudah selesai dan dilanjutkan dengan tahap berikutnya, namun ada yang berbeda pada saat tahap pencoblosan di TPS. Perbedaan itu dikarenakan hadirnya Srikandi Polri atau sering disebut Polisi Wanita (Polwan) dalam pengamanan di TPS. 

Kepolisian Resor Manggarai Barat mengerahkan petugas Polwan dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada Manggarai Barat. Ratusan personel pengamanan terlihat para Polwan yang turut hadir di tengah–tengah Pasukan, Senin (07/12/2020).

Kehadiran para Polwan ini, bukan semata mengikuti apel belaka. Tetapi, para Polwan memang turut diterjunkan dalam proses pengamanan yang berlangsung mulai hari Senin lalu. 

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan, pelaksanaan tugas tidak ada pembeda antara Polki (sebutan untuk Polisi laki–laki) dengan Polwan di lapangan. Semua mendapatkan porsi yang sama.

“Dalam pengamanan di TPS, kami juga melibatkan personel Polwan. Tentu dengan pertimbangan tidak dalam kondisi sakit, hamil, atau alasan lain yang bisa dimaklumi,” ujarnya kepada Tribratanewsmanggaraibarat.com,- pada Sabtu (12/12/2020) pagi.

Demikian pula dengan penempatan TPS, bagi personel Polwan dipilih lokasi yang relatif berjarak tidak terlalu jauh dengan rumah atau tempat tinggalnya. Tak hanya itu, si Polwan memang sudah mengenal betul wilayah tersebut sehingga dalam proses pengamanan lebih mudah dan terjangkau.

Sementara itu, Bripka Maria Sebastiana Meo, seorang Polwan yang juga bertugas sebagai anggota Humas Polres Manggarai Barat mengatakan, pihaknya terlibat pengamanan di tiga TPS yakni TPS 10 Suka Damai, TPS 11 Wae Watu, TPS 12 Bandara Komodo Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo. Keterlibatan Polwan dalam berbagai pengamanan merupakan hal biasa dan sudah menjadi tugas dan kewajibannya untuk melaksanakan tugas mulia tersebut.

“Tetap siap melaksanakan tugas kapan pun dan dimana pun demi suksesnya Pilkada Kabupaten Manggarai Barat,” ujarnya. 

Dengan pelibatan Polwan dalam pengamanan tahapan pemungutan suara tersebut, setidaknya membawa warna tersendiri. Hal ini menunjukkan kegigihan dan eksistensi Polwan dalam kontribusinya mengamankan jalannya Pilkada Manggarai Barat. *[RS]*