Sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Kecamatan Sano Nggoang Bersihkan Jalan Bambor-Werang Akibat Longsor

Sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Kecamatan Sano Nggoang Bersihkan Jalan Bambor-Werang Akibat Longsor

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Intensitas curah hujan di Wilayah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) seminggu terakhir cukup tinggi.

Tingginya curah hujan tersebut, mengakibatkan jalan Bambor-werang tepatnya di Kampung Lara mburak, Desa Poco Golo kempo tertimbun longsor, pada Sabtu 26 Februari sekira pukul 10.00 Wita. 

Peristiwa itu diketahui pada saat Bhabinkamtibmas Desa Golongan Kempo Polres Mabar Bripka Farid Rahman mendapatkan laporan dari pemerintah Desa Poco Golo Kempo dan warga Kampung Lara mburak.

Informasi yang di himpun dari Bhabinkamtibmas Desa Golo Kempo menerangkan kejadian tanah longsor tersebut pada 25 Februari 2022 malam sekira pukul 00.00 Wita , dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi. 

Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Sano Nggoang Iptu Wayan Merta menyampaikan akibat tanah longsor tersebut akses jalan tertutup material tanah, batu dan pohon sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan maupun masyarakat pejalan kaki.

 “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa,” ujar Iptu Wayan. 

Berkaitan dengan peristiwa itu Bhabinkamtibmas, Babinsa bersama Pemerintah Sano Nggoang, Kepala desa, dan Warga masyarakat  bergotong royong  membersihkan material di lokasi longsor yang menutup jalan.

Bripka Farid mengatakan segala upaya dilakukan agar akses jalan bisa buka, namun saat ini hanya kendaraan Roda 2 yang bisa melewati sedangkan untuk kendaraan roda 4 maupun 6 belum bisa karena masih adanya tumpukan material yang cukup banyak. 

“Kita semua sudah berupaya untuk membersihkan jalan, namun karena keterbatasan alat pendukung sehingga sebagian besar material belum bisa kita bersihkan,” pintanya.

Lanjut ditambahkan, Pemerintah sano Nggoang telah berkordinasi ke tingkat Kabupaten agar bisa mendatangkan alat berat untuk membantu membersihkan sisa materil yang  sulit dibersihkan, sehingga mobilitas masyarakat pengguna jalan bisa kembali normal. 

Mengantisipasi adanya korban jiwa akibat longsor Bhabinkamtibmas Desa Golo Kempo mengimbau warga untuk lebih waspada serta berhati-hati saat beraktivitas, mengingat curah hujan masih cukup tinggi.