Penuh Kesejukan, Polisi Amankan Perayaan Ibadah Minggu Palma

Penuh Kesejukan, Polisi Amankan Perayaan Ibadah Minggu Palma

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Hari ini, umat Katholik di seluruh dunia merayakan Minggu Palma yang merupakan bagian dari rangkaian Pekan Suci dalam menyambut hari raya Paskah, Minggu (02/04/2023) pagi.

Daun-daun Palma yang dibawa dalam perayaan ini, mempunyai arti penting bagi umat Katholik karena merupakan perwujudan mengenang peristiwa masuknya Yesus Kristus ke kota Yerusalem sebelum Ia disalibkan. Arak-arakan yang diikuti umat Katholik pagi tadi, digelar di sekitar Gereja maupun ke luar Gereja.

Guna memberikan rasa aman dan nyaman dalam kegiatan tersebut, personil Polsek Lembor diterjunkan untuk mengamankan perayaan Ibadah Minggu Palma itu di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan itu mendapat pengamanan ketat oleh personel Polres Manggarai Barat. khususnya personil Polsek Lembor.

Ibadah Minggu Palma menyambut perayaan Paskah tersebut dilaksanakan di Gereja St.Teresa Kalkuta Datak, Desa Golo Ronggot, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Adapun kegiatan pengamanan dipimpin langsung Kapolsek Lembor, IPDA Yostan Alexanderia Lobang, S.H. Dirinya menjelaskan bahwa pengamanan tersebut bertujuan memberikan rasa aman dan tentram kepada para jemaat.

"Beberapa personel telah kami tempatkan diberbagai titik guna menjaga momentum pelaksanaan Ibadah Minggu Palma dalam menyambut hari raya Paskah bagi umat Katholik di wilayah hukum Polsek Lembor, tetap berjalan kondusif," ucap Kapolsek Lembor.

Ia juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaannya, personel yang beragama Katolik turut mengikuti prosesi pelaksanaan ibadah.

"Tak hanya memberikan pengamanan, personel kami juga mengikuti rangkaian ibadah seperti pemberkatan daun Palma hingga pelaksanaan ibadah di Gereja sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa," tambah perwira dengan balok satu dipundaknya itu.

Terakhir, Kapolsek Lembor, IPDA Yostan Alexanderia Lobang, S.H. mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama sehingga pelaksanaan Ibadah Minggu Palma menyambut Paskah di wilayah hukum Polsek Lembor berjalan kondusif dan penuh kesejukan.

Sebagai tambahan informasi, Dalam tradisi agama Katholik, selalu menggelar upacara suci dalam perayaan Paskah, yakni Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, dan berakhir dengan Paskah yang merupakan peringatan kematian Yesus Kristus sang Juru Selamat ke surga.

Hari peringatan itu selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Perayaan ini merujuk kepada peristiwa yang dicatat pada empat Injil. Dalam perayaan ini dikenang peristiwa masuknya Yesus Kristus ke kota Yerusalem sambil menunggang keledai dan dielu-elukan oleh orang banyak.

Tetapi di sana pula Yesus Kristus disiksa, mati, dan bangkit dari kematian. Itulah sebabnya Minggu Palma disebut pembuka pekan suci, yang berfokus pada pekan terakhir Yesus Kristus di kota Yerusalem.**#