Peduli Budaya Literasi, Kapolres Mabar Bagikan 600 Eksemplar Buku di Labuan Bajo

Peduli Budaya Literasi, Kapolres Mabar Bagikan 600 Eksemplar Buku di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Nampak ada yang berbeda dari hari biasanya, ketika Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat dengan menggunakan mobil sedan datang ke halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (20/09/2023) pagi.

Karena selain menggunakan sedan dan mobil patroli (mobil keranjang), biasanya bila anggota polisi yang datang, kemungkinan besar mereka akan memberikan imbauan kepada para guru dan anak sekolah.

Namun, kedatangan orang nomor satu di Polres Manggarai Barat bersama anggotanya ini ternyata untuk membagikan ratusan buku bacaan anak-anak dalam rangka program Polri Peduli Budaya Literasi, Distribusi Buku sampai Pelosok Nusantara.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan, buku yang didistribusikan kepada para siswa tersebut mencakup berbagai jenis, seperti buku bacaan, buku cerita, dan buku tulis.

"Pendistribusian buku ini bertujuan untuk memperkaya literasi dan pengetahuan para pelajar," kata Perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi itu.

Mantan Kapolres Alor itu juga menyampaikan, dalam kegiatan bertema Polri Peduli Budaya Literasi tersebut, pihaknya mendistribusikan buku sejumlah 600 eksemplar. Menurutnya hal ini untuk mendorong para pelajar agar lebih gemar membaca buku.

"Program yang digagas oleh Kapolri ini bertujuan mendukung program pemerintah, khususnya dalam meningkatkan minat membaca, terutama di kalangan para pelajar di Labuan Bajo," ujarnya.

AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. menjelaskan, bahwa buku-buku tersebut merupakan kontribusi Polri dalam upaya membangun sumber daya manusia yang unggul dan berpotensi sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa.

"Kegiatan pembagian buku ini diharapkan mampu mendorong anak-anak di Labuan Bajo untuk lebih aktif membaca buku, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang lebih cerdas dan terampil di masa depan," jelas Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Selain itu, hal ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan karena banyaknya anak yang kecanduan game handphone sehingga, membuat mereka malas belajar dan membaca buku.

"Dengan dibagikannya buku-buku tersebut, diharapkan dapat membuka pintu pengetahuan, pemahaman, dan pembelajaran yang lebih baik bagi para pelajar demi mewujudkan cita-cita mereka," pungkasnya.

Sementara itu Agustinus Aba, S.Pd.Gr., Kepala Sekolah SDN Batu Cermin mengapresiasi program polisi yang bertujuan mencerdaskan anak bangsa ini. Buku ini akan dimaksimalkan penggunaannya untuk siswa.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres dan anggotanya yang sudah memberikan buku bacaan dan buku tulis. Buku ini akan kita manfaatkan khususnya bagi anak-anak SDN Batu Cermin. Kedepannya, mereka akan lebih diintesifkan untuk lebih gemar membaca daripada bermain handphone," ungkapnya.**#