Ops Patuh Polres Mabar Diharapkan Tekan Angka Kecelakaan di Labuan Bajo

Ops Patuh Polres Mabar Diharapkan Tekan Angka Kecelakaan di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Upaya untuk menekan angka kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas, Satlantas Polres Manggarai Barat menggelar Operasi Patuh Turangga 2023 selama 14 hari. Yakni mulai 10 Juli hingga 23 Juli 2023 mendatang.

Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta mengurangi pelanggaran dan kecelakaan yang terjadi.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasat Lantas, IPTU Royke Weridity menyebut kecelakaan kerap kali diawali adanya pelanggaran, terlebih jika melihat tren angka laka lantas di Manggarai Barat dalam 6 bulan terakhir terdapat 48 peristiwa laka lantas dari periode Januari hingga Juni 2023, angka korban meninggal dunia sebanyak 4 orang, korban luka ringan 13 orang dan luka berat mencapai 50 orang.

Angka ini mengalami peningkatan dari periode yang sama di tahun 2022 yakni 41 kasus kecelakaan dengan angka korban meninggal dunia sebanyak 4 orang, korban luka ringan 14 orang dan luka berat 33 orang.

"Hal tersebut menunjukkan tingkat pelanggaran dan resiko kecelakaan lalu lintas di Manggarai Barat masih relatif tinggi dan perlu menjadi perhatian bersama," kata IPTU Royke Weridity usai pelaksanaan operasi patuh didepan Mapolres Mabar, Selasa (11/07/2023) siang.

Oleh karena itu, dengan adanya Operasi Patuh Turangga 2023 ini diharapkan mampu menekan angka kecelakaan.

"Semoga operasi ini dapat memberikan perlindungan dan keselamatan dalam berlalu lintas di Manggarai Barat, khususnya Kota Labuan Bajo yang banyak dikunjungi wisatawan," ujarnya.

Operasi Patuh Turangga 2023 ditujukan untuk beberapa pelanggar lalu lintas. Di antaranya pengendara tidak memakai helm, melawan arus, pengendara di bawah umur, melanggar rambu-rambu lalu lintas, berkendara melebihi batas kecepatan, menggunakan ponsel saat berkendara, dan tidak mengenakan safety belt.

"Kegiatan operasi ini kita utamakan persuasif dan memberikan edukasi kepada pengendara. Namun, tetap didukung oleh penindakan pelanggaran dengan dilakukan penilangan," ucap Kasat Lantas. 

Selain itu, Perwira berpangkat inspektur polisi satu itu juga menilai butuh kolaborasi dan langkah partnership dengan berbagai pihak guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan etika dan aturan berkendara.

Begitu juga penyediaan berbagai fasilitas jalan yang baik dan memenuhi standar keselamatan sangatlah penting untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar.

"Selalu patuhi peraturan lalu lintas saat berkendara, utamakan keselamatan karena keluarga anda menunggu anda dirumah. Keselamatan untuk kemanusiaan," pungkasnya.**#