Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H Polres Mabar Laksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018

Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H Polres Mabar Laksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Kepolisian Resor Manggarai Barat laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2018 dalam mengahadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Rabu ( 06 / 06 / 2018 ).

Operasi Ketupat Turangga 2018 diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda selama 18 hari tehitung mulai tanggal 07 Juni hingga 24 Juni 2018 mendatang. Dengan dilaksanakan Apel menandakan Anggota Polri, TNI, Pemda dan Instansi terkait wilayah Manggarai Barat siap menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K., M.Si., memimpin langsung Apel Gelar Pasukan yang di hadiri oleh Wakapolres Mabar Kompol Alberd Y. Ndun, S.H., Sekda Mabar, Danki Brimob, Danramil, Danposal, Danpos AU, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, Wakil Ketua Penggadilan Negeri Labuan Bajo, Kepala Bandara Komodo, Ketua Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh Pejabat Utama Polres Mabar.

Terdapat para peserta upacara yang hadir dalam Gelar Pasukan yakni satu pleton gabungan TNI AD, TNI AU, dan TNI AL, tepat di sebelahnya terdapat satu pleton Brimob Mabar, satu pleton Sabhara Dalmas, satu pleton Satuan Lantas, satu pleton gabungan Staf Polres, satu pleton Resintel, satu pleton dari Dishub, satu Pleton Pol PP, dan di tutup dengan satu pleton Basarnas Labuan Bajo.

Hari Raya Idul Fitri yang tinggal terhitung beberapa hari lagi menjadikan euforia tidak hanya bagi yang merayakan tapi juga seluruh warga yang mana dapat menimbulkan potensi terjadinya gangguan selama Bulan Ramadhan, H - 7 menjelang Hari Raya Idul Fitri hinga H + 7 pasca perayaa Lebaran.

Dalam amanat Kapolri yang di sampaikan oleh Kapolres, menekankan dimana terdapt empat Potensi Kerawanan yang akan terjadi yang harus di waspadai yakni pertama stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan dapat terjaga sehingga tidak terjadi kelangkaan bahan pangan yang disebabkan karna penimbunan oleh mafia pangan.

Kedua tentu akan terjadinya permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik maupun arus balik jika tidak di tanggani dengan baik oleh Anggota Polri bersama instansi terkait.

Selanjunya yang ke tiga Potensi Kerawanan yang harus di antisipasi yakni potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya seperti curat, curanmor, pencurian rumah kosong, begal dan lain - lain.

Dan yang terakhir yang sedang menjadi perhatian yakni mengenai ancaman Tindak Pidana Terorisme sehingga menjadi perhatian untuk terus meningkatkan kerjasama denga TNI, Instansi Terkait serta Masyarakat.

Sebelum di laksanakannya Apel Gelar Pasukan sebelumnya Personil Polres Mabar lebih dulu melaksanakan Latihan Pra Operasi yang bertujuan untuk pengesekan kesiapan Anggota serta sarana prasarana terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2018.