Kapolres Manggarai Barat Hadiri Parade of Nations The 58th IAWP 2021 di Labuan Bajo

Kapolres Manggarai Barat Hadiri Parade of Nations The 58th IAWP 2021 di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. turut menghadiri kegiatan parade kebangsaan dalam rangka konferensi Polisi Wanita Sedunia yang disebut International Association of Women Police (IAWP) ke 58 yang dilaksanakan di Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Sabtu (6/11/2021) sore. 

Parade Kebangsaan (Parade Of Nations) adalah salah satu tradisi yang selalu dilaksanakan selama 58 tahun dalam rangkaian kegiatan International Association of Women Police (IAWP). Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia bangga karena Indonesia dipercaya sebagai Tuan Rumah perhelatan Konferensi Polwan Internasional.

Peserta yang mengikuti Parade ini berjumlah 400 orang, terdiri dari 200 orang peserta partisipan dari 37 negara, termasuk Indonesia. Kemudian 200 orang lainnya terdiri dari Tim Marching Band dari SMAK Ignatius Loyola Labuan Bajo, SMP Arnoldus Labuan Bajo, dan Pembawa Bendera yakni Para Pemuda Pemudi Paguyuban dari seluruh Indonesia yang berdomisili di Kabupaten Manggarai Barat. 

Parade ini dibuka secara langsung oleh Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. dan didampingi oleh Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari, Karojianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Juansih dan Kapusjarah Polri Brigjen Pol. Apriastini Bakti Bugiansri.

Selain itu para tamu VIP yang juga turut serta menyaksikan Parade ini, yakni Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE., para partisipan dari negara lain. Dan disambut meriah oleh seluruh masyarakat Labuan Bajo.

"Konferensi Polwan Internasional ini adalah suatu acara Polwan Internasional yang dilaksanakan setiap tahun. Dan ini adalah konferensi yang ke 58. Kita boleh berbangga bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia, khususnya Labuan Bajo. Ini suatu berkah yang luar biasa," ujar Kadivhubinter Polri.

Ditempat yang sama Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. juga mengungkapkan bahwa kegiatan Parade Of Nation merupakan salah satu bentuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada peserta yang hadir mengikuti kegiatan International Association of Women Police.

"Ini sebagai wujud memperkenalkan atau mempromosikan budaya Indonesia, terlebih khusus budaya dari Nusa Tenggara Timur yang sangat beranekaragam kepada peserta IAWP maupun wisatawan lokal dan wisatawan asing yang yang berkunjung ke Labuan Bajo," ungkap Alumnus Akpol Angkatan 2000 ini. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan, yakni tetap menjaga jarak dan memakai masker. Parade ini dilaksanakan berjalan mengelilingi Labuan Bajo dengan menggunakan Seragam Kebesaran Kepolisian dari negaranya masing–masing, juga akan diiringi oleh Drum Band serta Bendera sebagai Lambang Negara masing–masing. *[RS]*