Kapolres Mabar Pimpin Langsung Pengamanan PSU di TPS 016 Wae Waso

Kapolres Mabar Pimpin Langsung Pengamanan PSU di TPS 016 Wae Waso

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah selesai namun karena adanya temuan pelanggaran administrasi di salah satu tempat pemungutan suara (TPS), sehingga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengeluarkan rekomendasi untuk melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di salah satu TPS yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk menjaga situasi tetap kondusif, Polres Manggarai Barat mengerahkan personel untuk melaksanakan pengamanan PSU di TPS 016 Wae Waso, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT pada Sabtu (24/02/2024) pagi.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. turun langsung dalam pengamanan pemungutan suara ulang tersebut.

"Hari ini, kami melaksanakan pengamanan PSU, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ada satu TPS yang melaksanakan PSU berdasarkan rekomendasi Bawaslu karena adanya temuan pelanggaran administrasi," kata Kapolres Mabar saat dikonfirmasi pada Sabtu sore.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihak kepolisian melakukan pengamanan untuk memastikan kegiatan pemungutan suara ulang yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai Barat berjalan dengan sebaik-baiknya.

"Pengamanan PSU yang dilakukan Polres Manggarai Barat, dibantu personel TNI Koramil 1612-02/Komodo. Diharapkan dengan pengamanan ini, mampu mencegah gangguan kamtibmas sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar," ungkap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. menambahkan dalam pemungutan suara ulang ini, pengamanan tetap dilakukan sesuai dengan ketentuan. Guna menjamin agar masyarakat dapat memberikan hak pilihnya dengan bijak.

"Pengamanan dilakukan mulai dari pendistribusian logistik ke TPS, proses pemungutan suara, dan penghitungannya hingga kembalinya logistik ke KPUD," jelasnya.

Lebih lanjut, ajun komisaris besar polisi itu menegaskan situasi keamanan di wilayah hukum Polres Manggarai Barat sampai saat masih kondusif pasca Pemilihan Suara di TPS pada 14 Februari 2024 lalu. 

"Situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Manggarai Barat sampai saat ini masih terpantau aman dan kondusif, kami mengimbau segenap masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, mari kita kawal setiap tahapan Pemilu 2024 yang damai dan sejuk," ujar Kapolres Mabar.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung dan menjaga kondusifitas, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.**#