Jumat Curhat, Nelayan di Labuan Bajo Keluhkan Maraknya Kasus Pencurian

Jumat Curhat, Nelayan di Labuan Bajo Keluhkan Maraknya Kasus Pencurian

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Satuan Binmas Polres Manggarai Barat, AKP Muhammad Yakub memimpin langsung kegiatan Jumat Curhat bersama Nelayan dan ABK Kapal Wisata yang dilaksanakan di Pantai Pede, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (03/03/2023) pagi sekira Pukul 08.30 Wita.

Tampak hadir dalam kegiatan itu yakni Kasi Humas Polres Mabar IPTU Eka Darma Yuda, Kasubbag Watpers Bag SDM IPTU Nikolas Hampur, KBO Binmas IPDA Komang Arya Bayuna, personil Polres Mabar dan Nelayan serta ABK Kapal Wisata yang sedang melakukan perbaikan Kapal (docking) dipinggir Pantai Pede.

Kegiatan Jumat Curhat yang dikemas dengan tema "JUS BERRI BERKASIAT" Jumat Santai Bersama Polri Bersama Kapolres Manggarai Barat membahas tentang situasi yang berkembang antara masyarakat dengan Polri untuk menjalin sinergitas dalam menciptakan kondusifitas kamtibmas.

Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas, AKP Muhammad Yakub menyampaikan kegiatan Jumat Curhat telah dilaksanakan beberapa kali di wilayah Kecamatan Komodo, khususnya di Pantai Pede.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini Polri dapat hadir ditengah-tengah masyarakat. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjalin komunikasi yang baik antara kita. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini kami mendapat masukan yang positif sehingga kita menjaga Kamtibmas di wilayah Manggarai Barat terlebih khusus di Kota Labuan Bajo yang merupakan Kawasan Destinasi Pariwisata Super Premium," ungkap Pak Eko sapaan akrabnya.

"Selain dari pihak Polres Manggarai Barat, menurutnya untuk menjaga Kamtibmas perlu dilakukan Siskamling di wilayah masing-masing, guna meminimalisir tindak pidana di wilayah Manggarai Barat," tambahnya.

Berikutnya dalam sesi tanya jawab, salah satu Nelayan atas nama Mahfud mengucapkan terima kasih kepada Polres Manggarai Barat yang sudah mengundang Nelayan dalam kegiatan Jumat Curhat pada pagi hari ini.

Pada kesempatan ini, dia mau menyampaikan beberapa hal diantaranya maraknya kasus pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Nelayan yang disimpan di atas Perahu Motor dan juga peralatan Kapal Wisata, sehingga menjadi harapan kalau bisa dari Polres Manggarai Barat selalu melakukan patroli di setiap malam disekitar Pantai Pede agar mendapat keamanan dan kenyamanan.

Menanggapinya, AKP Eko mengucapkan terima kasih atas masukan dari warga setempat. Dimana ada gangguan kamtibmas yang terjadi di lingkungan warga salah satunya marak terjadi pencurian BBM dan peralatan Kapal Wisata.

"Dengan adanya wadah kegiatan Jumat Curhat ini kami dari Polres Manggarai Barat dapat mendengarkan aspirasi warga dan kedepan kami akan melakukan evaluasi untuk meningkatkan jam patroli ke Pantai Pede," ucapnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat tidak ragu dan segan untuk melaporkan kejadian sekecil apapun yang terkait gangguan kamtibmas, bisa menghubungi Bhabinkamtibmas Desa Gorontalo maupun langsung ke SPKT Polres Manggarai Barat.

"Saya ucapkan terima kasih karena warga sangat terbuka dan mau menyampaikan permasalahan yang terjadi," imbuhnya.

Di akhir kegiatan, Mantan Kapolsek Komodo itu mengimbau kepada Nelayan dan ABK Kapal Wisata di Pantai Pede agar melaporkan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa atau Pemerintah apabila ada permasalahan yang terjadi, sehingga dapat tercipta situasi kamtibmas tetap kondusif.**