Hari Jadi Humas Polri Ke 72, Polisi Bersinergi Dengan Perumda Wae Mbeliling Bagikan Air Minum Bersih

Hari Jadi Humas Polri Ke 72, Polisi Bersinergi Dengan Perumda Wae Mbeliling Bagikan Air Minum Bersih

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kesulitan air bersih dialami warga yang bermukim di kompleks Padang Smip, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada musim kemarau ini. Saat bantuan air bersih datang, Rabu (04/10/2023) pagi, warga menyambutnya dengan membawa berbagai tempat penampungan air, seperti ember, blong dan jeriken.

Bantuan air bersih itu disalurkan Polres Manggarai Barat bersinergi dengan Perusahan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Bersih Wae Mbeliling dalam rangka memperingati Hari Jadi Humas Polri ke 72 Tahun 2023.

Kegiatan bakti sosial (bansos) bantuan air bersih 25 ribu liter tersebut dengan menggunakan dua unit mobil tangki, yang masing-masing berkapasitas 4 ribu liter.

Dengan langkah ini, Polres Manggarai Barat menunjukkan komitmen dan tanggung jawab sosial dalam membantu masyarakat di tengah tantangan krisis air yang mereka alami saat ini. 
 
Kolaborasi dengan Perumda Air Minum Wae Mbeliling juga menjadi bukti sinergi antara pihak kepolisian dan lembaga lain untuk menjaga kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat apalagi ibu kotanya yakni Labuan Bajo merupakan salah satu kawasan destinasi pariwisata super premium.
 
Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmok, S.H., S.I.K., M.M. menyampaikan, area Padang Smip merupakan daerah yang selama ini mengalami kesulitan air bersih. Polres Manggarai Barat kemudian bersinergi dengan Perumda Air Minum Bersih Wae Mbeliling untuk menyalurkan air bersihan kepada puluhan Kepala Keluarga (KK) di Desa Batu Cermin.

Ia mengaku air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi. Serta sebagai wujud nyata Polri maupun bentuk kepedulian institusi ini kepada masyarakat yang membutuhkan.
 
"Air adalah kebutuhan pokok manusia, dalam rangka Hari Jadi Humas Polri, Polres Manggarai Barat hadir menjawab kebutuhan dasar masyarakat," tegas Alumni Akpol angkatan 2004 itu.
 
Polres Manggarai Barat kata dia,  berencana akan menyalurkan air bersih setiap Minggu. Polres Manggarai Barat akan terus berupaya memberikan bantuan kepada warga. Terlebih air bersih merupakan kebutuhan dasar sehari-hari.

Hal senada juga disampaikan Direktur Perumda Air Minum Bersih Wae Mbeliling, Aurelius Endo, ST., mengaku selama ini telah bekerja sama dengan Polres Manggarai Barat untuk menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih di wilayah Labuan Bajo.

Sebagai perusahan milik pemerintah daerah, pihaknya berkomitmen memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga di Labuan Bajo.
 
"Perumda Air Minum Bersih Wae Mbeliling, kedepannya akan menyalurkan air bersih kepada warga di kompleks Padang Smip sebanyak dua kali seminggu," katanya.
 
Warga kompleks Padang Smip, Samuel Gono Ate yang sehari-harinya bekerja sebagai pemecah batu gunung mengucap syukur atas bantuan air bersih dari Polres Manggarai Barat.
 
"Selama ini, kami menggunakan air zat kapur. Bantuan air bersih dari Polres Manggarai Barat meringankan beban kami untuk membeli air," tuturnya.**#