Gelar OMP Turangga 2024, Polisi Siap Amankan Tahapan Pilkada Serentak di Labuan Bajo

Gelar OMP Turangga 2024, Polisi Siap Amankan Tahapan Pilkada Serentak di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Polres Manggarai Barat melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi "Operasi Mantap Praja Turangga 2024".

Operasi ini bertujuan, menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif, didukung deteksi intelijen serta penegakkan hukum sehingga terwujudnya situasi yang aman, damai dan kondusif di wilayah Manggarai Barat.
 
"Guna mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkada tahun ini, maka kami menggelar Operasi Mantap Praja yang dilaksanakan selama 121 hari mulai tanggal 27 Agustus sampai 25 Desember 2024 mendatang," kata Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. usai memimpin apel gelar pasukan pada Senin (26/08/2024) pagi.
 
Mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini menjelaskan dalam operasi tersebut pihaknya melibatkan 1.633 personel yang mana terdiri atas 364 personel Polri, 93 personel TNI, serta 1.176 personel Linmas.
 
"Keseluruhan personel yang dilibatkan akan tersebar ke dalam 588 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di 12 kecamatan, 164 desa dan 5 kelurahan di wilayah hukum Polres Manggarai Barat. Hal ini dilaksanakan demi terciptanya keamanan, kelancaran dan ketertiban selama pesta demokrasi itu," ungkapnya.

AKBP Christian Kadang, S.I.K. juga menambahkan dalam mengamankan Pilkada serentak 2024, Polres Manggarai Barat akan melaksanakan pola-pola pengamanan.
 
"Mulai dari cipta kondisi yang dilaksanakan sebelum, pada saat, dan pasca-pelaksanaan tahapan Pilkada, yang akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan yang ada. Kegiatan ini meliputi deteksi dini, cooling system (sistem penyejukan), pengamanan terbuka dan tertutup, hingga penindakan bagi pihak yang berupaya mengganggu pelaksanaan pada setiap tahapan pilkada," jelas Kapolres Mabar.

"Terkait tindak pidana Pilkada, Polri bekerja sama dengan Kejaksaan dan Bawaslu dalam mengoptimalkan peran serta Gakkumdu sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran yang terjadi," sebutnya.

Selain itu, Kapolres Mabar juga berharap agar seluruh lintas sektoral yang ada di Bumi Komodo selalu bersinergi guna mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif selama tahapan-tahapan Pilkada serentak 2024 berlangsung.

"Mari kita bersama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Manggarai Barat, terutama pada saat tahapan Pilkada. Karena Polri tidak bisa bergerak sendiri, tentunya butuh support dan dukungan dari semua elemen masyarakat yang ada," pungkasnya.**#