Dukung Kawasan Pariwisata Super Premium Labuan Bajo, Bhabinkamtibmas Wajib Jaga Kebersihan Desa dan Imbau Prokes

Dukung Kawasan Pariwisata Super Premium Labuan Bajo, Bhabinkamtibmas Wajib Jaga Kebersihan Desa dan Imbau Prokes

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Bertempat di halaman Mapolres Manggarai Barat, Kasat Binmas IPTU Hajairin mengapelkan seluruh personil Bhabinkamtibmas jajaran Polres Manggarai Barat, Selasa (26/01/2021) pagi sekitar pukul 09.40 Wita.

Dikatakan Kasat Binmas, apel ini sengaja dilakukan dalam rangka Anev Bulanan sekaligus pengecekan sikap tampang, pemeriksaan terhadap sarana dinas yang digunakan personil Bhabinkamtibmas, yakni berupa kendaraan dinas.

“Tujuan dilakukannya Anev Bulanan sekaligus pemeriksaan sarana dan prasarana serta sikap tampang ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil dalam pelaksanaan tugasnya, mengingat Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan Kepolisian yang akan selalu berada di tengah masyarakat, sehingga wajib selalu menampilkan performa yang baik pula,” terang IPTU Hajairin.

Dalam pengecekannya, Kasat Binmas turut didampingi oleh Kasi Propam IPTU Royke Weridity, dengan memeriksa satu per satu secara teliti sikap tampang hingga ranmor dinas yang digunakan.

“Terima kasih bagi rekan–rekan Bhabinkamtibmas yang menjaga sikap tampangnya dan senantiasa merawat ranmor dinasnya. Saya harap, hal ini dapat terus dipertahankan sebagai wujud kedisiplinan dan kepedulian personil,” tambahnya.

IPTU Hajairin juga berpesan kepada personil Bhabinkantibmas untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan di Desa binaan masing–masing, segera koordinasi dengan perangkat Desa, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menindaklanjuti kegiatan kebersihan lingkungan terutama di Desa–Desa yang berada di daerah pesisir pantai.

“Kebersihan lingkungan merupakan bentuk kesiap–siagaan kita dalam mendukung Kabupaten Manggarai Barat menjadi Kawasan Pariwisata Super Premium dan juga dalam rangka bentuk kesiapan dalam menerima para wisatawan yang datang di Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kasi Propam IPTU Royke Weridity mengatakan Bhabinkamtibmas memiliki peran lebih dari pada anggota yang lain dan harus betul–betul membawa manfaat bagi masyarakat terlebih pada saat penanganan Covid-19 seperti ini. Selain itu, ia juga harus rutin dan aktif serta mampu mendisiplinkan masyarakat agar bisa mengikuti Protokol Kesehatan.

“Kinerja harus ditingkatkan sebagai corong terdepan kita semua dalam pelaksanaan deteksi dini, intervensi dini dengan menggunakan sistem social movement dan pendekatan emosional kepada seluruh masyarakat dengan melaksanakan peningkatan imbauan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19, peningkatan keamanan dari gangguan kamtibmas, gotong royong, kebersamaan dan keguyuban,” kata IPTU Royke Weridity.

Kasi Propam juga berharap personil Bhabinkamtibmas harus tetap siap–siaga dalam menjalankan tugas melayani masyarakat di Desa binaannya masing–masing. Hindari pelanggaran sekecil apapun dan pada saat melaksanakan tugas harus tetap sesuai SOP guna menghidari komplain atau pengaduan dari masyarakat serta menjalin komunikasi yang baik dengan Babinsa (TNI) yang bertugas di Desa binaan.

“Bhabinkamtibmas adalah seorang pemimpin Kepolisian di tingkat Desa maka seorang anggota Bhabinkamtibmas harus memiliki sifat melayani, mengayomi dan dapat menjadi solusi,” tutupnya. *[RS]*