Cegah Penyakit Polio, Kapolres Mabar Ajak Warga Ikut Pekan Imunisasi Nasional Polio

Cegah Penyakit Polio, Kapolres Mabar Ajak Warga Ikut Pekan Imunisasi Nasional Polio

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Manggarai Barat, AKBP Christian Kadang, S.I.K. menghadiri Launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang digelar secara serentak di Kabupaten Manggarai Barat, pada Selasa (23/07/2024) pagi. 

Acara yang digelar di Sekolah Dasar Inpres (SDI) Waemata Labuan Bajo ini juga dihadiri oleh Sekda Mabar, Drs. Fransiskus Sales Sodo, Danramil 1612-02/Komodo, Lettu Gede Budi Ardana, Kadis Kesehatan Mabar, Adrianus Ojo, S.Si. Apt., Kadis PKO Mabar, Drs. Yohanes Hani, M.Pd., dan Kadis Perhubungan Mabar, Drs. Adi Gunawan.

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. menekankan pentingnya pemberian imunisasi sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit polio di Kabupaten Manggarai Barat.

"Pemberian imunisasi polio merupakan upaya preventif yang sangat besar manfaatnya dalam mencegah morbiditas, mortalitas dan disabilitas yang disebabkan oleh penyakit polio," kata Kapolres Mabar usai mengikuti kegiatan itu.

Ia mengatakan penyakit polio ini dikenal sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen sehingga jika tidak segera dihentikan, maka dikhawatirkan penyebaran penyakit polio ini akan berpotensi meluas.

"Oleh karenanya untuk menghambat penyebarannya, maka perlu dilakukan pencegahan sejak dini melalui pemberian imunisasi kepada balita maupun anak-anak," jelasnya.

Pekan Imunisasi Nasional Polio ini juga diharapkan dapat memberikan perlindungan maksimal bagi anak-anak di Kabupaten Manggarai Barat sehingga tercipta generasi yang sehat dan bebas dari polio.

"Anak-anak merupakan masa depan bangsa dan harapan orang tua. Untuk itu, calon penerus kita dimasa depan haruslah sehat agar nantinya mereka bersemangat dalam memajukan bangsa ini. Jangan biarkan penyakit polio merenggut masa depan mereka yang cerah," ujar Kapolres Mabar.

Alumni Akpol angkatan 2006 itu juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, terutama yang memiliki balita maupun anak-anak, agar dapat ikut serta dalam kegiatan PIN Polio ini di Pos Kesehatan maupun Pos PIN terdekat untuk dapat di berikan Vaksin Polio secara gratis.

"Bawalah anak-anak kita ke Pos Pelayanan PIN yang terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio. Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk membawa anak-anak kita ke pos-pos PIN terdekat jangan sampai lupa karena mencegah penyakit itu lebih baik dari pada mengobati," ungkapnya.

Ditambahkannya, penggunaan Vaksin Polio baik dengan cara tetes maupun suntik adalah aman dan halal.

"Jadi untuk anak maupun orang tua jangan ragu, karena ini penting untuk menjaga ketahanan tubuh dari kemungkinan terkena penyakit polio," imbau mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri itu.**#