Sambut HUT Humas Polri Ke-72, Puluhan Polisi Ikut Donor Darah Demi Membantu Masyarakat

Sambut HUT Humas Polri Ke-72, Puluhan Polisi Ikut Donor Darah Demi Membantu Masyarakat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Bangun kepedulian terhadap sesama, Puluhan personel polisi dari Polres Manggarai Barat mendonorkan darahnya di Kantor Cabang PMI Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (02/10/2023) pagi. 

Donor darah ini merupakan kegiatan Bakti Kesehatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Humas Polri Ke-72 Tahun 2023 yang serentak digelar baik ditingkat Polda maupun Polres jajaran di seluruh Indonesia. 

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasi Humas, IPTU Eka Dharma Yuda mengatakan sebanyak 20 personel perwakilan dari setiap satuan fungsi (Bag,Sat dan Sie) mengikuti donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Manggarai Barat. Donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Jumlah personil yang melaksanakan kegiatan sebanyak 20 Personel, namun yang lolos mengikuti donor darah hanya 4 personil," kata Kasi Humas di Kantor PMI Manggarai Barat.

Menurutnya, aksi donor darah ini agar Polri bisa ikut berkontribusi menjaga pasokan kebutuhan darah bagi masyarakat.

"Donor darah kali ini juga, merupakan bentuk empati terhadap masyarakat. apalagi saat ini, stok darah masih kurang dan masyarakat yang kesulitan mendapatkan pendonor. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan," IPTU Eka.

Ia menuturkan para personel yang ikut mendonorkan darah sebelumnya menjalani serangkaian tes kesehatan. Setelah dinyatakan sehat maka bisa ikut mendonorkan darah.

"Personil melaksanakan donor darah dengan proses ada tes tensi darah, tes HB. Jika semua proses dinyatakan bisa melaksanakan donor darah, maka dilanjutkan dengan pengambilan darah," tutur Perwira berpangkat Inspektur Polisi itu.

Selain untuk membantu masyarakat, lanjutnya, donor darah juga membantu para pesonel kepolisian lebih bugar karena darah baru akan diproduksi kembali. Sehingga aparat polisi bisa tetap menjalankan tugas dengan fit dan sehat.

"Kegiatan ini dapat membangun rasa kepedulian sosial untuk berbagi dan membantu sesama, donor darah juga memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk penerima donor darah, tapi juga bagi pendonor darah, seperti Menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu mendeteksi dini penyakit tertentu. Juga dapat menjaga kesehatan mental," pungkasnya.**#