Ratusan Personil Gabungan TNI dan POLRI Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Presiden di Labuan Bajo

Ratusan Personil Gabungan TNI dan POLRI Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Presiden di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo kembali melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

Berkaitan dengan momen itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara selaku Pangkoops Pam Wilayah Bali Nusra memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI Ir H. Joko Widodo beserta rombongan, Rabu (20/7/2022) di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo.

Adapun pejabat yang turut hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan antara lain Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E, Dir Polairud Polda NTT Kombes Pol Nyoman Budiarja, S.I.K, Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, S.I.K., Wakil Bupati Mabar dr. Yulianus Weng, Sekda  Mabar Fransiskus S. Sodo, Asops Kodam IX/Udayana Kolonel Inf Septa Viandi Dwi, Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Novem Janri Rajagukguk, S.H,  Kasi Intelrem 161/WS Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, Kasi Ops Korem 161/WS Kolonel Inf Horas Sitinjak, Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Moh. Faisal Toar, Dandim 1625/Ngada Letkol Ferdinan, S.Pd.K, Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Ronni, S.T.,M.T.Harla.

Selain itu peserta apel terdiri dari 1 Pleton Sub Satgas Bandara, 1 Pleton Sub Satgas Water Front City, 1 Pleton Sub Satgas Wae Mese, 1 Pleton Sub Satgas Rinca, 1 Pleton  Sub Satgas Intel, 1 Pleton Sub Satgas Laut, 1 Pleton Sub Satgas Rute,1 Pleton Sub Satgas Walakir, 1 Pleton Sub Satgas Marina/Rumah Makan, 1 Pleton Sub Satgas Plataran, 1 Pleton Sub Satgas Hunian/Masjid,1 Pleton Sub Satgas Medis, 1 Pleton Sub Satgas Komplek, 1 Pleton Sub Satgas Penerangan dan 1 Pleton Sub Satgas Cadangan 

Pada kesempatan itu dalam arahannya Pangdam IX/Udayana mengatakan sesuai dengan aturan dan protap yang ada, maka kita semua memiliki tanggung jawab untuk mengamankan dan mensukseskan Kunjungan Kerja Presiden RI ini, sehingga perlu dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP. 

Lanjut dikatakan, agenda kunjungan kerja Presiden RI dan rombongan selama dua hari yaitu tanggal 21 sampai dengan 22 Juli 2022 di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat NTT, dalam rangka meresmikan Bandara Internasional Komodo, meresmikan dan menandatangani Prasasti Penataan Kawasan Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, meresmikan penataan kawasan Marina Labuan Bajo dan menyaksikan pentas seni.

Setelah itu, Presiden akan meninjau proyek pembangunan sarana hunian pendukung kawasan Marina Labuan Bajo, yang dilanjutkan meresmikan dan menandatangani Prasasti Proyek Pembangunan IPA WAE MESE II. 

“Pengamanan kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan ke Provinsi NTT merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada kita. Untuk itu, kita harus junjung tinggi kehormatan dan kepercayaan tersebut dengan berbuat maksimal agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,“ ucapnya

Dikatakan, Dalam setiap pengamanan VVIP, Kodam IX/Udayana selaku Kogasgabpad  Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama dengan Polda NTT, Pemerintah Daerah Baik Provinsi maupun Kabupaten Kota serta unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP. 

Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP harus disesuaikan dengan dinamika di lapangan, sehingga selalu kita mulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas.

Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan maksimal. 

“Maka dari itu, Apel Gelar Pasukan perlu dilaksanakan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan Satgas maupun Subsatgas secara keseluruhan, baik personel maupun materiil, sarana pendukung serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai rangkaian kegiatan yang telah diagendakan.

Di samping itu, apel pengecekan ini juga sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan guna menghindari hambatan sekecil apapun dan manakala terjadi, dapat segera diatasi.

Lanjut, Personel yang tergabung dalam Satgasgabpad Pam VVIP harus memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin dan jangan lengah serta ragu dalam bertindak. 

Kemudian, cermati dan laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di lapangan serta laksanakan koordinasi yang baik dengan semua unsur yang terlibat. 

“Yang terpenting, utamakan faktor keamanan personel dan materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing,“ ujarnya

Selama pelaksanaan kegiatan pengamanan tetap terapkan disiplin protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. 

“Perlu menjadi perhatian, bahwa dalam pelaksanaan tugas di lapangan akan selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk itu jalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan masyarakat, karena kita kuat bersama rakyat.”