Polisi Bersihkan Pantai, Wujudkan Beat Plastic Pollution Untuk Mabar Bersih

Polisi Bersihkan Pantai, Wujudkan Beat Plastic Pollution Untuk Mabar Bersih

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLPS) bertajuk "Beat Plastic Pollution Untuk Manggarai Barat Bersih" yang jatuh pada 05 Juni 2023 lalu di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, dilakukan kegiatan bersih-bersih kawasan pantai. 

Tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat serta ajakan untuk melestarikan bumi. Kali ini yang menjadi sasaran kawasan Pantai Pulau Bajo di Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo.

Aksi bersih-bersih itu digagas Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. bekerja sama dengan Komunitas Relawan Sampah Plastik atau Plastic Man Institut Labuan Bajo yang diketuai oleh Stefan Rafael.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 60 peserta dari berbagai unsur masyarakat, pegiat lingkungan, Bhayangkari dan jajaran Polres Manggarai Barat.

"Kegiatan sosial ini sebagai bentuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus memperingati Hari Bhayangkara ke-77 pada 01 Juli mendatang," ungkap Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., Senin (26/06/2023) siang.

Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan pada pagi hari itu diharapkan dapat mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya kawasan pantai yang banyak dicemari sampah plastik.

"Kegiatan ini merupakan ikhtiar dalam rangka mencegah, mengurangi, dan mengendalikan pencemaran lingkungan, terutama pencemaran laut oleh sampah plastik," katanya.

Selama ini sampah (terutama sampah plastik) menjadi salah satu persoalan di sepanjang pantai yang ada di Kelurahan Labuan Bajo. Salah satunya pada Bulan Mei 2023 lalu, Kepolisian Resor Manggarai Barat menerima keluhan masyarakat dan UMKM terkait sampah di kawasan Pantai Pedde Labuan Bajo.

"Saat kegiatan Jumat Curhat pada bulan lalu, kita menerima keluhan dari masyarakat dan UMKM mengenai banyaknya sampah disepanjang Pantai Pedde. Menindaklanjuti keluhan tersebut, kita langsung menggerakkan personil untuk membersihkan sampah disepanjang Pantai tersebut," jelas Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

"Dengan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, diharapkan kawasan pantai terjaga kebersihannya dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Mengingat kota Labuan Bajo merupakan kawasan Destinasi Pariwisata Super Premium," pungkasnya.

Lebih lanjut, Kapolres Mabar juga mengatakan bahwa aksi bersih-bersih di sekitar Pantai Pulau Bajo ini dilakukan di area sepanjang kurang lebih satu kilometer. 

"Mekanismenya dengan memisahkan berdasarkan jenis sampah organik dan anorganik. Hasilnya, sampah organik dan anorganik yang terkumpul sejumlah 672 kilogram," ujar orang nomor satu di Polres Manggarai Barat itu.**#