Hari Bhayangkara Ke-77, Polisi Gelar Doa Bersama Lintas Agama di Labuan Bajo

Hari Bhayangkara Ke-77, Polisi Gelar Doa Bersama Lintas Agama di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Polres Manggarai Barat menggelar doa bersama lintas agama sebagai rangkaian dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tanggal 1 Juli 2023 mendatang dengan tema "Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai untuk Indonesia Maju."

Doa bersama tersebut dihadiri oleh empat perwakilan tokoh agama yakni dari agama Islam, Kristen, Katolik, dan Hindu.

Doa bersama yang dipusatkan di lapangan apel Mapolres Manggarai Barat juga diikuti pejabat utama Polres, Bhayangkari dan personil jajaran Polres Manggarai Barat.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengungkapkan, doa bersama ini merupakan salah satu wujud syukur kita terhadap apa yang diberikan oleh Allah SWT.

"Dimana kami sebagai anggota Polri ditugaskan untuk memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum sampai saat ini dapat berjalan dengan baik," ucap Kapolres Mabar, Selasa (27/06/2023) kemarin.

Sebagai sebuah institusi yang memiliki tugas dalam memberikan perlindungan dan menegakkan hukum, maka tentu hal ini memiliki tantangan tersendiri bagi Polri untuk menjaga profesionalisme dan integritas terhadap masyarakat serta tanggung jawab kepada negara.

Badai yang menerjang institusi Polri melalui beberapa kasus yang menimpa anggota Polri menjadi sebuah teguran keras dari Allah SWT bahwa Polri harus membenahi diri dan memperbaiki kualitas institusi tersebut.

"Menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat yang sebelumnya sekitar 85% merosot hingga 35% menjadi sebuah catatan penting bagi kami bahwa hal ini harus menjadi batu loncatan agar segera melakukan evaluasi dan perubahan dalam rangka merebut kembali kepercayaan masyarakat," jelas AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M..

"Upaya yang dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat bukanlah hal yang mudah. Namun dengan bantuan Allah SWT, kami optimis akan menghadapi rintangan tersebut," tambahnya.

Selain itu, Ia juga mengajak agar momentum peringatan Hari Bhayangkara tahun ini hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana introspeksi bagi seluruh insan Bhayangkara di dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian.

"Mari selalu bersyukur, intropeksi diri, dan memanjatkan doa dengan harapan kedepan Polri semakin professional, mengingat tugas dan tanggung jawab Polri sebagai penjaga keamanan negara dan penegak hukum kedepannya akan semakin berat," ungkap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Kapolres Mabar juga berpesan kepada jajaran untuk menjadi polisi baik dilingkungan masyarakat yang dapat memecahkan masalah dan keluhan masyarakat.

"Yang perlu diingat adalah sehebat apapun kita tanpa seizin Tuhan Yang Maha Esa dan dukungan masyarakat maka tugas polisi dalam harkamtibmas tidak akan tercapai dengan baik. Untuk itu apa yang kita lakukan harus sesuai dengan yang telah diajarkan oleh yang maha kuasa melalui agama yang kita imani," tegas Perwira berpangkat AKBP itu.

"Semoga kedepannya Polri dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi, melaksanakan tugas dengan baik dan agar situasi Kamtibmas Manggarai Barat aman kondusif," pungkasnya.**#