Kunjungi Warga Ketentang, Polisi Terima Keluhan Warga Hingga Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

Kunjungi Warga Ketentang, Polisi Terima Keluhan Warga Hingga Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat guna menampung saran masukan dan mendengar keluhan aspirasi masyarakat terkait pelayanan kepolisian.

Kali ini dalam program Jumat Curhat yang menjadi agenda rutin setiap minggunya itu, selain menampung aspirasi masyarakat juga menggelar bhakti kesehatan gratis dengan memberikan vitamin dan konsultasi kesehatan.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Mabar, AKP Muhammad Yakub bertempat di Ketentang, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT pada Jumat (01/03/2024) pagi.

"Kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi langsung dengan masyarakat. Kami bisa menyerap aspirasi dan menampung keluhan masyarakat yang untuk selanjutnya akan kami tindak lanjuti," kata Pak Eko sapaan akrabnya.

Berbagai keluhan dari masyarakat Ketentang. Adapun keluhan dari masyarakat mulai dari masalah lalu lintas, minuman keras (miras), hingga bunyi musik yang mengganggu kenyamanan dalam bermasyarakat. Mayoritas masyarakat mengeluhkan masalah di lapangan berkaitan dengan lalu lintas, salah satunya terkait keberadaan kendaraan bertonase berat.

Menurut salah satu warga, kendaraan besar seperti truck ekspedisi dan tronton masih sering terlihat masuk ke Jl. Jati Putih Ketentang. Padahal, jalan tersebut bukan diperuntukkan bagi kendaraan-kendaraan yang berbobot berat.

Selain jalannya sempit, masuknya kendaraan-kendaraan besar itu juga kerap mengganggu kenyamanan para pengguna jalan yang memakai kendaraan kecil. Salah satunya dapat merusak jalan hingga menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Meski sudah terpasang rambu larangan bagi kendaraan besar untuk tidak masuk ke jalan tersebut, tapi masih banyak para pengemudi kendaraan besar yang melanggar aturan lalu-lintas.

"Kendaraan-kendaraan besar yang memasuki jalan itu kerap membahayakan pengguna jalan yang lain. Sebab, selain jalannya sempit, para pengemudi mobil-mobil besar juga kerap terlihat ugal-ugalan sehingga tidak sedikit para pengendara yang mengalami kecelakaan. Kami minta pak polisi untuk tindak tegas.," ungkap Angelus Abut, salah satu warga Jl. Jati Putih Ketentang.

Pada kesempatan tersebut, Pak Eko langsung menanggapi keluhan warga Ketentang terkait keberadaan kendaraan bertonase berat itu.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak Polantas dan Dishub maupun pihak terkait lainnya untuk memberikan solusi yang terbaik berkaitan dengan keluhan-keluhan warga ini," jelas AKP Muhammad Yakub.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa kegiatan bhakti kesehatan di Jumat Curhat ini merupakan salah satu kegiatan pelayanan dari Seksi Kedokteran dan Kesehatan Polri (Dokkes) Polres Mabar dengan program Bhakti Kesehatan Untuk Negeri.

"Pada kegiatan ini masyarakat dilayani secara gratis mulai pemeriksaan kesehatan umum, Konsultasi kesehatan umum dan pemberian vitamin secara gratis kepada masyarakat," pungkasnya.**#