Kapolres Manggarai Barat Hadiri Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo

Kapolres Manggarai Barat Hadiri Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menghadiri upacara peresmian  Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) tipe C Labuan Bajo bertempat di lapangan apel TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, Kamis (22/07/2021) pagi.

Upacara peresmian Pangkalan TNI AL (Lanal) Labuan Bajo dilakukan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Bertindak selaku inspektur upacara peresmian Pangkalan TNI AL (Lanal) Labuan Bajo, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., dengan peserta upacara dari Lantamal VII, Pasukan Marinir, Koramil 1612-02/Komodo, Polres Manggarai Barat, Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo, dan Pramuka Manggarai Barat serta instansi terkait.

Peresmian Lanal Labuan Bajo ditandai dengan penandatanganan prasasti serta penekananan tombol sirine untuk pembukaan tirai papan nama Lanal Labuan Bajo oleh Danlantamal VII di dampingi oleh Bupati Manggarai Barat, Kapolres Manggarai Barat dan Danlanal Labuan Bajo.

Dalam amanatnya Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., menyampaikan bahwa Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo ini, pada hakikatnya merupakan implementasi perencanaan strategis TNI Angkatan Laut dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh.

"Sebagai salah satu komponen utama pertahanan Negara, TNI Angkatan Laut mempunyai tugas pokok yang harus terlaksana dengan baik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia. Dalam pencapaian tugas pokok tersebut, kekuatan TNI Angkatan Laut bertumpu pada Sistem Senjata Armada Terpadu yang terdiri dari KRI, Pesawat Udara, Marinir dan Pangkalan. Bertolak dari hal tersebut, peningkatan POSAL Labuan Bajo menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut tipe C Labuan Bajo, diharapkan dapat mewujudkan gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ideal guna memberi dukungan logistik dan administrasi bagi unsur–unsur TNI Angkatan Laut yang beroperasi," ungkapnya.

Menurut Danlantamal VII, peningkatan POSAL menjadi Lanal Labuan Bajo ini, juga dimaksudkan untuk merespon dinamika politik, sosial, ekonomi dan kerawanan keamanan diwilayah perairan Labuan Bajo, Pulau Komodo dan sekitarnya yang merupakan salah satu Destinasi Wisata Super Premium dan Prioritas.

Selain itu, letak geografis Lanal Labuan Bajo juga sangat strategis karena berdekatan dengan Selat Sape yang merupakan salah satu Selat yang sangat rawan dalam aktivitas pelayaran, karena selain alurnya sempit dan arusnya kencang, Selat Sape juga sangat ramai dan menjadi pintu keluar masuk Kapal–Kapal dari Pulau Jawa ke Sumba, Timor, Alor serta Pantai Selatan Pulau Flores dan sekitarnya.

"Perlu kiranya saya sampaikan, meskipun berkedudukan di Labuan Bajo, namun wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut, Labuan Bajo cukup luas yang berbatasan dengan 3 (tiga) Kabupaten, meliputi Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur," jelas Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.

Lanjut Danlamtamal VII, oleh karenanya mutlak dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan seluruh Pemerintah Daerah dan aparat Keamanan setempat, agar tugas pengamanan laut dan pembinaan potensi Maritim diwilayah Labuan Bajo dapat dilaksanakan secara optimal.

"Sebagai organisasi yang baru dibentuk, tentunya Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo perlu didukung oleh sumber daya manusia yang handal. Hal ini dikarenakan kunci keberhasilan dari suatu organisasi terletak pada faktor kualitas personil pengawaknya," ujar Danlantamal VII

Usai Kegiatan Upacara peresmian Lanal Labuan Bajo kegiatan di lanjutkan dengan meninjau Perumahan TNI AL yang bertempat di Padang Smip, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo.

Nampak Hadir dalam Upacara tersebut Pejabat Utama Lantamal VII, Bupati Mabar Edistasius Endi, SE, Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, M. Tr. Hanla., M.M., CTMP., Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, S.T, M.T., Pabung Kodim 1612/Manggarai Mayor S. Hadi, Sekda Mabar Fransiskus Sales Sodo, Kepala KUPP Unit II Labuan Bajo Hasan Sadili serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. *[RS]*