Kapolres Mabar Dampingi Kapolda NTT Cek Kesiapan Pengamanan Asean Summit 2023 di Labuan Bajo

Kapolres Mabar Dampingi Kapolda NTT Cek Kesiapan Pengamanan Asean Summit 2023 di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto, S.I.K.,M.Si turut mendampingi Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Jhoni Asadoma, M. Hum melakukan pengecekan kesiapan pengamanan Asean Summit 2023 di Labuan Bajo, Selasa (24/1/2023) 

Sejumlah Pejabat Utama Polda NTT turut bersama -sama dengan Kapolda NTT dalam kunjungan kali ini diantaranya, Dirintelkam, Dirlantas, Dansatbrimob dan Kabid TIK.

Dalam kunjungan itu, Kapolda NTT melakukan pengecekan baik itu kesiapan infrastruktur dan tentunya kesiapan pengamanan.

Pengecekan mulai dari rute yang akan dilalui peserta Asean Summit hingga pengecekan tempat penginapan bagi personel BKO. 

Selain itu, Kapolda NTT juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Pemda Manggarai Barat maupun lembaga dan instansi terkait lainnya guna menyukseskan kegiatan dimaksud.

Kapolda NTT menyampaikan, kunjungannya di Labuan Bajo sebagai upaya penguatan koordinasi dalam rangka menyatukan persepsi, menyatukan komitmen untuk mendapatkan informasi-informasi awal tentang pelaksanaan Asean Summit yang membutuhkan kerja semua Kementerian Lembaga dan Instansi terkait maupun dukungan masyarakat agar kegiatan internasional yang sangat penting ini dapat berjalan dengan baik tanpa gangguan apapun juga. 

“Momentum ini perlu kita manfaatkan dan dipersiapkan secara maksimal, karena ini merupakan atensi Presiden RI agar Asean Summit di Labuan Bajo berjalan dengan baik,” kata Kapolda NTT. 

Lebih lanjut Kapolda NTT menyampaikan Perlu penguatan koordinasi dalam rangka memastikan bahwa seluruh kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan memiliki kesamaan pandangan terhadap agenda-agenda prioritas yang menjadi kepentingan Indonesia di ASEAN dan mampu menyinergikan langkah-langkah implementasinya agar selaras dengan tujuan nasional.

Dalam kunjungan ini, ada beberapa  poin penting didapatkan antara lain, mendapatkan informasi tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh para peserta Asean Summit, sejak kedatangan dan kesiapan Polda NTT dalam segi keamanan mulai dari jumlah personel, perlengkapan yang dibutuhkan dan rute-rute yang akan ditempuh serta kegiatan di luar agenda Asean Summit.

"Kita ingin membangkitkan kesadaran semua pihak bahwa kita akan menghadapi event yang sangat penting, sehingga kita harus siap", tandas Kapolda NTT.