Jumat Curhat, Warga Keluhkan Maraknya Pendatang Liar di Labuan Bajo

Jumat Curhat, Warga Keluhkan Maraknya Pendatang Liar di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat kembali menggelar kegiatan rutin 'Jumat curhat' untuk menyerap langsung ragam keluh kesah maupun persoalan yang terjadi di lapangan.

Kali ini, menjadi target 'Jumat curhat' yakni puluhan warga yang mukim di Kampung Air, Kelurahan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (15/12/2023) pagi.

Sementara, sejumlah keluhan disampaikan warga Kampung Air dalam kegiatan 'Jumat Curhat' itu, di antaranya soal maraknya kelompok pemuda yang suka mabuk-mabukan pada malam hari.

Akibat minuman haram itu, di Kampung Air khususnya lokasi wisata Waterfront Labuan Bajo pun disebut sering terjadi perkelahian.

"Di Waterfront ini masih terlihat anak muda mengkonsumsi minuman keras (miras) jenis Sopi hingga sering terjadi keributan yang berujung pada perkelahian," kata Dahlan, salah satu warga Kampung Air.

Curhatan lainnya, warga juga mengeluhkan maraknya pendatang liar yang tinggal dan beraktivitas di Labuan Bajo.

Hal itu dikeluhkan warga lantaran melanggar aturan, juga dinilai dapat berdampak negatif terhadap Kamtibmas.

"Dengan adanya pendatang liar ini bisa mengganggu Kamtibmas, apalagi kita tidak sepenuhnya mengetahui apa latar belakangnya dan riwayatnya saat masih berada di daerah asalnya. Jadi, kami berharap pihak kepolisian dapat menindaklanjutinya, agar kampung kami aman," ungkap Ramli.

Menanggapi curhatan warga itu, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui KBO Sat Binmas, IPDA Komang Arya Bayuna menegaskan akan segera menindaklanjuti keluhan yang warga terkait miras serta meminta peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam upaya menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

"Dari keluhan masyarakat, kita akan meningkatkan patroli khususnya pada jam-jam malam sekaligus merazia minuman keras yang menjadi pemicu keributan," ucap Perwira berpangkat inspektur polisi itu.

Ia juga meminta para orang tua berperan aktif menjaga anak-anak dari hal yang negatif, dan tidak mengonsumsi minuman keras.

"Kami berharap, para orang tua semakin aktif menjaga putra-putrinya supaya tidak terjerumus hal-hal yang negatif seperti yang dikeluhkan tadi," ujarnya.

Sementara berkenaan dengan keluhan pendatang liar, IPDA Komang mengatakan butuh peran aktif dan kesadaran masyarakat untuk melapor ke RT setempat jika ada orang baru atau kerabat yang datang.

"Untuk menangkal pendatang liar yang berujung merupakan pelaku kriminalitas maka butuh peran aktif dari kita semua untuk sama-sama mengawasi lingkungan sekitar apakah ada warga baru atau tidak," imbau KBO Sat Binmas.

Selain itu, Pak Komang sapaa akrabnya mengaku akan membahas permasalahan pendatang liar bersama dengan pemangku kepentingan terkait. 

"Jadi nanti kami akan mencoba berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melaksanakan penertiban terhadap pendatang liar itu," ungkapnya.**#