Jelang Pilkades, Kapolsek Kuwus Sampaikan Pesan Kamtibmas Lewat Mimbar Gereja

Jelang Pilkades, Kapolsek Kuwus Sampaikan Pesan Kamtibmas Lewat Mimbar Gereja

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Menjelang perhelatan pemilihan kepala Desa di Wilayah Hukum Kepolisian Sektor (Polsek) Kuwus, Kapolsek Kuwus Ipda Arselinus Lentar melalui mimbar gereja menyampaikan Pesan Kamtibmas Kegiatan Himbauan Kamtibmas Pencerahan Hukum, Serta Monitoring Situasi Kamtibmas di Gereja Bunda Segala Bangsa Stasi Lewur, Desa Lewur, Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Minggu (3/7/2022). 

Dalam pesan Kamtibmasnya Kapolsek Kuwus menyampaikan kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat tidak terlepas dari tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta menegakkan hukum. 

“ Seperti halnya yang dilakukan saat ini merupakan salah satu bentuk pelayanan polri dalam memberikan pelayanan serta menjamin keamanan bagai warga masyarakat Desa Lewur, “tuturnya.

Kehadiran Polri ditempat ini juga dalam rangka monitoring situasi keamanan masyarakat Desa Lewur yang sebentar lagi akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa. 

“Kami hadir untuk sampaikan pesan kamtibmas agar pada pesta demokrasi nanti, berjalan dengan aman tanpa adanya gangguan kamtibmas,” ucapnya.

Lanjut Ipda Arsi mengatakan di dalam lingkungan masyarakat sering ditemukan masalah hukum yang dialami oleh masyarakat yang tidak semestinya diproses sesuai hukum yang berlaku melainkan bisa ditempuh jalur damai. 

“Polri mempunyai sebuah program yang bernama Restoratif Justice Sistem ialah sebuah program yang dimana menyelesaikan masalah dengan mengedepankan upaya damai secara kekeluargaan,” Kata Kapolsek Kuwus

Lanjut dikatakan, Penyelesaian masalah dengan cara Restoratif Justice Sistem, selaras dengan budaya orang Manggarai yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan kebudayaan yang sudah ada sejak dahulu. 

Kapolsek Kuwus berharap  Masyarakat Desa Lewur dapat membantu Aparat Kepolisian khususnya di Polsek Kuwus untuk tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sehingga terpeliharanya perasaan tentram dan damai di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap menjelang pemilihan Kepala Desa kita semua dapat menjaga situasi kamtibmas dengan baik,” Pintanya.