Jelang Kunker RI 1, Sat Lantas dan Sat Pam Obvit Polres Mabar Berikan Imbauan

Jelang Kunker RI 1, Sat Lantas dan Sat Pam Obvit Polres Mabar Berikan Imbauan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo bakal berkunjung ke Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, untuk melaksanakan kunjungan kerja, seperti mengecek kesiapan Venue KTT Asean Summith Ke-42 Tahun 2023 pada bulan Mei mendatang.

Demi terciptanya keamanan dan keselamatan berlalulintas pada saat kunjungan kerja Presiden RI, Satuan Pengamanan Objek Vital (PAM Obvit) bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manggarai Barat memberi imbauan kepada para pengendara dan pihak kontraktor proyek pembangunan hotel dijalur yang akan dilewati rombongan Presiden RI, Minggu (12/03/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Kasat Pam Obvit Polres Mabar, IPDA Anggraeni Angelia Isabela, S.Tr.K. mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka memberikan imbauan kepada pihak kontraktor Hotel Marriott dan Hotel Katanmaran, untuk kegiatan bongkar muat material proyek agar dihentikan sementara waktu selama kunjungan kerja Presiden RI di Labuan Bajo.

"Kami memberikan imbauan kepada pengelola dan para sopir untuk tidak membongkar ataupun memarkir kendaraan proyek di bahu jalan selama kegiatan kunjungan Bapak RI 1 sampai dengan kunjungan berakhir," ungkap Ibu Kasat sapaan akrabnya.

"Selain itu, kendaraan Crane juga kami imbau untuk tidak dioperasikan selama kunker RI 1 di Labuan Bajo terhitung mulai besok, kami juga memohon maaf atas terganggunya kegiatan proyek pembangunan hotel ini. Semua ini demi kebaikan kita bersama maupun keamanan serta kelancaran rombongan Bapak Presiden yang akan lewat nantinya," tambahnya.

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Mabar, IPTU Royke Weridity didampingi KBO Satlantas, IPDA Putra Syarifudin dan Kanit Regident, IPDA Istiyaningrum Kemala Sari, S.Tr.K. menjelaskan bahwa Presiden Ir. H. Joko Widodo rencana datang ke Labuan Bajo melalui Bandara Internasional Komodo besok sore.

"Jadi, itu sementara terkait dengan objek yang akan dituju Bapak Presiden. Mulai jalur Bandara menuju Hotel Plataran, Jalan Soekarno Hatta lalu belok ke Jalan Pantai Pede menuju Golo Mori dan kembali lagi melewati Jalan Soekarno Hatta menuju Puncak Waringin," katanya.

IPTU Royke Weridity mengaku terkait personel telah dikerahkan jajaran Polres Manggarai Barat dan bantuan BKO dari Polda NTT untuk melakukan pengamanan jalur yang akan dilalui Presiden.

"Mudah-mudahan tak ada kendalanya, aman dan lancar. Kami dari Satlantas Polres Mabar menyiagakan 42 personel untuk mengatur jalur," ungkap Kasat Lantas.

Ketika ditanyakan mengenai penutupan ruas jalan, IPTU Royke Weridity menyebut tak ada melainkan sifatnya situasional.

"Penutupan tak ada tapi seperti biasa namanya VVIP kalau melintas pasti menyesuaikan dan kami prioritaskan dahulu. Jadi, pengalihan dan penutupan itu sesuai dengan traffic light. Kami mengimbau ke masyarakat khususnya pengguna jalan, mohon maaf nanti pada saat Bapak Presiden RI melintas, mungkin ada penutupan atau pengaturan arus lalu lintas selama beberapa menit saat beliau sebelum dan melintas. Tapi, setelah itu akan kami buka kembali jalur," tutupnya.**#