Jaga Persatuan dan Kesatuan, Polres Manggarai Barat Gelar Apel Kebangsaan

Jaga Persatuan dan Kesatuan, Polres Manggarai Barat Gelar Apel Kebangsaan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kepolisian Resor Manggarai Barat (Mabar) menggelar Apel Kebangsaan dengan tema "Kita Merah Putih, Ayo Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Kabupaten Manggarai Barat", di lapangan apel Mapolres Mabar, Jalan Frans Lega No.15, Labuan Bajo. Senin (26/4/2021) pagi, sekitar pukul 08.30 Wita.

Apel dipimpin oleh Wakapolres Mabar Kompol Sukanda mewakili Kapolres Manggarai Barat dan sebagai Komandan Apel KBO Reskrim Polres Mabar IPDA Ahmad Zacky Shodri, S.H., dengan menghadirkan Forkopimda serta melibatkan 3 Pilar (Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Masyarakat).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Labuan Bajo Achmad Fauzi. T., Kasi Intel Kajari Mabar I Putu Andy Suta, Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto , S.T, M.T., Kabag Ops Polres Mabar AKP Robert M. Bolle, Kabag Ren Polres Mabar AKP Didik Riyanto, Danki Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo IPTU Raymundo De Jesus, S.H., Danramil 1612-02/ Komodo, Kapten Inf. I Nyoman Sukada, Lurah Kecamatan Komodo Imran S.IP., Lurah Labuan Bajo Safrudin Malik, Ketua MUI Mabar Zakar Abdul Jangku, M.Si., Ketua PHDI Mabar I Nyoman Budiartha, Purnawiran Polri AKBP (purn) Lorens Edward Hello, dan Organisasi Masyarakat yang ada di Manggarai Barat

Amanat Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. yang dibacakan oleh Wakapolres Mabar Kompol Sukanda mengatakan bahwa, Apel kebangsaan ini digelar dalam rangka pencapaian 100 hari Program Prioritas Kapolri dan menjaga keutuhan NKRI di Bumi Komodo sebagai wujud komitmen seluruh masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.

"Apel Kebangsaan yang kita laksanakan ini, bertujuan untuk menguatkan rasa Nasionalisme, menguatkan rasa cinta NKRI bersama–sama dan untuk mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa Kebhinekaan yang ada di Indonesia adalah kekuatan utama untuk menjaga kedaulatan Negara, masyarakat juga harus bergerak bersama merawat Kebhinekaan dan Ke Indonesiaan ditengah perbedaan pandangan yang selama ini ada," ucapnya.

"Situasi pandemi Covid-19 yang telah membawa perubahan kedalam seluruh aspek kehidupan kita, tidak dapat menghalangi keberadaan kita untuk bersatu menuju Indonesia maju. Ini telah memaksa kita untuk membuat kebiasaan hidup agar beradaptasi dengan kebiasaan baru, pola pikir dan etos kerja kita harus berubah, fleksibilitas kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan, yakinlah dengan semangat kebersamaan kita mampu mengatasi segala krisis yang ada," ujarnya.

Dalam amanat Kapolres Manggarai Barat, Efisiensi kolaborasi dan penggunaan teknologi harus diperhatikan dan produktifitas harus kita tingkatkan situasi darurat kesehatan yang pada akhirnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang dapat terlihat dimana banyak saudara kita yang merasakan dampaknya. Sejatinya perjuangan memulihkan krisis kesehatan dalam hal ini penanganan Covid-19 harus berjalan linear dengan adanya pemulihan ekonomi secara perlahan.

"Mari kita sama–sama mewujudkan memelihara kamtibmas demi terciptanya iklim ekonomi yang membaik ditengah pandemi ini," ungkapnya.

Melalui apel Kebangsaan ini, Kapolres Manggarai Barat mengajak agar terus bekerja sama untuk merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri, mencegah dan menghindari permusuhan, pertikaian dan perpecahan, agar terjaga kerukunan serta tersokong kemajuan yang pada akhirnya akan terawat persaudaraan demi terwujudnya kesejahteraan yang merata di seluruh negeri, khususnya untuk kemajuan di Kabupaten Manggarai Barat.

"Kita semua harus merasa bertanggung jawab dalam memelihara kamtibmas yang aman dan kondusif sesuai dengan bidang dan profesi masing–masing untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap utuh sebagai bangsa yang besar. Marilah terus bersama menjaga kerukunan, mempererat tali persaudaraan, menolak segala bentuk dan tindakan yang melanggar hukum, mengedepankan dialog dengan musyawarah dan mufakat demi terciptanya kedamaian dan kerukuanan kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Manggarai Barat ini," tegasnya.

Dalam amanatnya Kapolres Manggarai Barat menyampaikan bahwa beberapa bulan akhir ini banyak kejadian–kejadian yang terjadi di Kabupaten Manggarai Barat.

"Kejadian seperti kebakaran pasar di Kecamatan Lembor, tanah longsor di Kecamatan Kuwus, angin kencang dan air pasang di Pulau Mesah Kecamatan Komodo, dan kejadian–kejadian lainnya, dampak yang terjadi menyebabkan korban jiwa dan kerugian materil, hal ini perlu menjadi perhatian dan kesiapsiagaan, oleh karena itu dibutuhkan kerja sama kita semua untuk mengurangi korban jiwa dan materil," jelasnya.

Di akhir sambutannya Kapolres Manggarai Barat juga mengajak untuk menciptakan kerja sama yang baik, kita tidak membedakan suku, agama ataupun ras, warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya ataupun miskin semua sama dimata negara, bangsa ini telah memberikan contoh lewat perilaku bukan sekedar gemba–gembor persatuan.

"Mari kita bersama–sama menjaga rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan di kehidupan khususnya untuk kemajuan Kabupaten Manggarai Barat yang kita cintai ini," ajaknya. *[RS]*