Itwasum Polri Gelar Monitoring Pengendalian Mutu terhadap Polres Daratan Flores di Labuan Bajo

Itwasum Polri Gelar Monitoring Pengendalian Mutu terhadap Polres Daratan Flores di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Inspektur Pengawasan Umum (Itwasum) Mabes Polri melaksanakan kegiatan Klarifikasi Reviu dan Monitoring Pengendalian Mutu Pengawasan Intern di Lingkungan Polri terhadap Polres daratan Flores, Kamis (15/12/2022), di Gedung Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat. 

Tim Itwasum Polri yang di pimpin oleh Kombes Polisi Andi Syahriful Taufik, S.I.K.,M.Si bersama anggota tim AKBP Junaidi Nur, S.H.,S.I.K, Iptu Syarifah Umi dan Bripda M. Reza Fadillah, tiba di Polres Mabar dan disambut oleh Kabag Ops AKP Roberth. Bolle bersama pejabat utama Polres Mabar. 


Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) AKP Roberth M. Bolle menyampaikan Kabupaten Manggarai Barat sebagai salah satu daerah pariwisata super premium namun Polres Mabar sendiri belum menjadi premium. 

“Harapan kami, kehadiran tim dari Itwasum dapat melihat kondisi ini untuk dibawa ke Mabes Polri agar kedepan Polres Mabar juga bisa dibilang premium,” Pintanya. 

Sementara itu, ketua tim Itwasum Polri Kombes Polisi Andi Syahriful Taufik, S.I.K.,M.Si menyampaikan kehadiran tim Itwasum Mabes Polri ke wilayah-wilayah Polda Jajaran untuk melakukan pengawasan internal, pemeriksaan umum, perbendaharaan, dan akuntabilitas serta pemeriksaan dengan tujuan tertentu, penelaahan ulang (review) laporan keuangan Polri serta memfasilitasi lembaga pengawasan eksternal dalam lingkungan Polri.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan audit yang dilakukan untuk memberikan keyakinan memadai bahwa penyelenggaraan manajemen aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian di bidang operasional, Sumber Daya Manusia (SDM), Logistik dan anggaran keuangan (Garkeu) di lingkungan Polri telah berdasarkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dengan mengutamakan prinsip ekonomis, efektivitas dan efisiensi. 

“Kami tidak akan melakukan audit, namun yang kami lakukan adalah pendalaman terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan,” Ungkapnya.

Seusai mendengar arahan dari tim Itwasum Mabes, selanjutnya dilakukan pendalaman terhadap Polres jajaran yang dimulai dari Polres Ende, Polres Nagekeo, Polres Sikka, Polres Ngada, Polres Manggarai Timur, Polres Manggarai dan Polres Manggarai Barat. 

Hingga berita ini diturunkan, tim masih melakukan pendalam terdapat Polres jajaran Polda NTT se daratan Flores.