Bhayangkari Ranting Komodo, Sosialisasikan UU TPKS Kepada Generasi Muda

Bhayangkari Ranting Komodo, Sosialisasikan UU TPKS Kepada Generasi Muda

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Tingginya angka pelecehan seksual kepada anak usia Sekolah di di Wilayah Nusa Tenggara Timur, tidak membuat Polri dan Bhayangkari berdiam diri. 

Untuk mencegah kasus itu terjadi di Wilayah Kabupaten Mabar, khususnya di Wilkum Polsek Komodo, Bhayangkari Ranting Komodo sosialisasikan Undang - Undang Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Komodo, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Mandiri dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Komodo, Kamis (15/12/2022). 

Sosialisasi UU TPKS itu dipimpin langsung oleh Ketua Bhayangkari Ranting Ny. Regina M. Siok di hadiri oleh Kanit Binmas Polsek Komodo Aipda Rachmad Ansari dan anggota Bhayangkari Polsek Komodo, para tenaga didik dan puluhan pelajar Sekolah yang dikunjungi. 

Pada kesempatan itu Ny. Regina M. Siok menyampaikan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman serta mencegah terjadinya tindak pidana kekerasan seksual secara umum, lebih khusus di lingkungan sekolah. 

“Kita melihat banyak anak usia sekolah yang sering menjadi korban pelecehan seksual, sehingga kita perlu memberikan pemahaman kepada anak-anak kita,” Jelasnya. 

Lanjut Ny. Regina mengatakan apabila ada Siswa-Siswi  yang mengalami kekerasan seksual, tidak perlu takut untuk melaporkan peristiwa itu ke pihak yang berwajib. 

“Jadi kalau anak-anak mengalami kekerasan seksual, langsung laporkan saja ke Kantor Polisi terdekat,” Imbuh Ketua Bhayangkari Ranting kepada para pelajar yang menghadiri sosialisasi. 

Seusai memberikan sosialisasi, selanjutnya Ny. Regina M. Siok  membagikan Buku Paduan Undang - Undang No. 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual kepada para pelajar yang mengikuti kegiatan sosialisasi. 

Sementara itu, Pihak Sekolah menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada Bhayangkari Ranting Komodo yang sudah datang melaksanakan giat dimaksud. 

“Kami mengapresiasi Polres Mabar dan Bhayangkari Polsek Komodo yang telah hadir untuk menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif ini,” Ungkap Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Komodo.