Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Lembor, Kompak Kerja Bakti Bersama Warga

Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Lembor, Kompak Kerja Bakti Bersama Warga

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Sebagai percontohan sektor terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bhabinkamtibmas dan Babinsa mempunyai kesamaan peran yaitu di tingkat desa atau kelurahan binaan dengan mengemban fungsi preemtif, yang dilakukan dengan cara bermitra dengan menyentuh langsung kepada masyarakat desa binaan.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo melalui Kapolsek Lembor IPTU Yoga Dharma Susanto, S.Tr.K. mengungkapkan bahwa selain melaksanakan tugas pokok Kepolisian, yaitu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, anggota Polri terutama Bhabinkamtibmas harus bisa membaur dengan masyarakat, dengan tujuan utama untuk bersama sama menjaga kondusifitas wilayah dan tentunya dengan menjalin sinergi bersama Babinsa serta aparat pemerintahan desa setempat, Jumat (27/11/2020) pagi sekitar pukul 08.30 Wita.

Bhabinkamtibmas Desa Pondo Polsek Lembor Polres Manggarai Barat Brigpol Adrianus Don Bosko dengan Babinsa Desa Liang Sola Serda Solihin melaksanakan kerja bakti bersama warga merehap jalan kampung serta membersihkan gorong gorong atau saluran air di wilayah setempat.

Bhabinkamtibmas Brigpol Adrianus Don Bosko mengungkapkan bahwa berawal dari sebuah diskusi kecil perihal jalan kampung dan saluran air yang dilakukan olehnya bersama Babinsa dan Kepala Desa Liang Sola serta para Kadus, maka hari ini diputuskan untuk kerja bakti memperbaiki jalan dan gorong–gorong serta membersihkan rumput maupun dahan pohon.

“Kerja bakti ini adalah wujud nyata sinergitas TNI, Polri bersama masyarakat, apalagi saat hujan mulai turun, untuk itulah kita bersihkan gorong–gorong agar saluran air tidak mampet, sehingga tidak menimbulkan banjir ataupun sarang nyamuk demam berdarah,” ungkap Brigpol Adrianus Don Bosko.

Kerja bakti yang digelar di Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat tersebut berjalan kompak dan penuh semangat, nampak anggota Polri, TNI kompak bersama warga bahu membahu kerja bakti untuk kebersihan lingkungan setempat.

Hendrikus Rubin, salah satu Tokoh Masyarakat setempat mengapresiasi keaktifan Bhabinkamtibmas dan Babinsa tersebut, dengan kehadiran mereka warga jadi lebih bersemangat dan pastinya pekerjaanpun akan cepat selesai.

“Dengan bantuan Bhabinkamtibmas dan Babinsa warga jadi lebih semangat dan pasti pekerjaan akan cepat selesai,” tutur Hendrikus.

Kapolsek Lembor IPTU Yoga Dharma Susanto, S.Tr.K. membeberkan bahwa selain membantu warga dalam kegiatan kemasyarakatan, seorang anggota Bhabinkamtibmas harus aktif mengimbau warga agar tidak mudah terprovokasi dengan Isu HOAX ataupun berita bohong bahkan Isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi menjelang Pilkada 2020 Kabupaten Manggarai Barat serta selalu mengimbau Protokol Kesehatan Pencegahan Pandemik Covid-19 (Virus Corona).

“Selain tugas utama menjaga situasi Kamtibmas, tak bosan seorang Bhabinkamtibmas mengimbau warga agar selalu guyub rukun, terutama menjelang Pilkada 2020, jangan mudah terprovokasi oleh Isu HOAX yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,serta memberikan imbaun untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan selama pademik Covid-19 ini,” ungkap Kapolsek Lembor. *[RS]*