Polisi RW Polres Manggarai Barat Hadir di Labuan Bajo

Polisi RW Polres Manggarai Barat Hadir di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam upaya terus menjaga rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat, Polres Manggarai Barat telah membentuk tim Polisi RW yang terdiri dari 20 personel.

Polisi RW bertugas untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif.

Inisiatif ini merupakan bagian dari program Kabaharkam Polri yang dikuatkan oleh Kapolri yang bertujuan untuk melaksanakan Binmas Prediktif dan memperkuat integrasi semua fungsi Harkamtibmas dalam menjalankan tugas sebagai pembina kamtibmas di tingkat komunitas RW.

Peluncuran program ini dimulai dengan pemasangan lencana pada perwakilan Polisi RW pada Selasa (30/05/2023), yang dipimpin oleh Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M.

"Sebanyak 20 personel Polres Manggarai Barat terlibat dalam program Polisi RW ini. Program ini melibatkan anggota Polri dari berbagai fungsi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina kamtibmas di tingkat RW, termasuk mendengarkan keluhan warga, menyelesaikan masalah, dan mengedepankan upaya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, terutama di tingkat RW," kata Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Selain itu, Polisi RW juga bertujuan untuk memperkuat peran Bhabinkamtibmas serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Polisi diharapkan dapat mendekati masyarakat dengan sikap yang baik dan humanis.

"Polisi juga harus lebih dekat dengan masyarakat dan tanggap terhadap keluhan yang ada. Mereka harus dapat memberikan respon yang cepat dalam menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat," ujar Kapolres Mabar.**#