Personel Gabungan Gelar Patroli Perairan di Wilayah Taman Nasional Komodo

Personel Gabungan Gelar Patroli Perairan di Wilayah Taman Nasional Komodo

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Tim Patroli Gabungan yang terdiri dari Personel Sat Samapta Polres Mabar dan Polhut Taman Nasional Komodo (TNK) melakukan operasi penertiban aktivitas kepariwisataan di wilayah perairan Kabupaten Mabar, NTT, Kamis (29/8)

Patroli digelar untuk untuk meningkatkan kerja sama antara instansi dalam pengawasan Pariwisata Mabar, serta mendata para pelaku wisata agar melengkapi dokumen/administrasi dan kelengkapan keselamata kapal.

Dalam operasi tersebut, ikut juga Kabid Usaha dan Kelembagaan Disbudpar Mabar Ferdinandus dengan misi melakukan optimalisasi pemungutan retribasi olahraga air khususnya diving, mancing, dan snorkeling.

Saat memasuki kawasan TNK, tim operasi langsung melakukan pengecekan dokumen kelengkapan pelayaran kapal-kapal pariwisata dan tiket kegiatan tim operasi. Tim opersi juga melakukan sidak ke Pulau Kelor, Kecamatan Komodo, Mabar.

Selama operasi, setidaknya 27 Kapal diketahui tidak memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) serta terdapat tamu wisata tidak memiliki tiket kegiatan olahraga air khusunya diving dan snorkeling.

Kepada para pelanggara tersebut, tim patroli menekankan agar para agen wisata dan wisatawan melengkapi dokumen dan membeli tiket retribusi wisata di ruang tunggu pelabuhan pelni.

Sesuai jadwal, patroli Gabungan akan berlangsung 3 hari dimulai 28 Agustus 2019 hingga 31 Agustus 2019.