Patut Dicontoh, Bhabinkamtibmas Polres Mabar Bagikan Masker ke Warga Binaannya

Patut Dicontoh, Bhabinkamtibmas Polres Mabar Bagikan Masker ke Warga Binaannya

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayahnya, Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si. memberdayakan anggotanya, terutama Bhabinkamtibmas, untuk terus melakukan imbauan dan edukasi kepada warga.


Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Golo Kempo Brigpol Farid Rachman, pada Selasa (12/5/2020) kemarin. Dia menyambangi warga binaan di desanya, untuk membagikan masker gratis. Dia juga memberikan edukasi kepada masyarakat, agar disiplin menaati kebijakan pemerintah terkait Covid-19.


Mewabahnya Virus Corona sekarang ini, menyebabkan warga kesulitan mendapatkan alat pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer.


Peduli pada warga binaannya, Bhabinkamtibmas Polsek Sano Nggoang Polres Manggarai Barat yang bertugas di Desa Golo Kempo ini berupaya untuk memcari alat pelindung diri tersebut.


“Saya keliling mencari dari apotek satu ke apotek yang lain, dari toko yang satu ke toko yang lain, sangat sulit juga karena barang ini sangat langka,” ujarnya.


Untungnya pria asal Ende ini mendapatkan beberapa lembar masker yang dibelinya untuk kemudian dia bagikan ke warga binaannya.


“Walau jumlahnya sedikit, tapi saya berusaha untuk mencari warga yang kurang mampu untuk kemudian saya bagikan masker ini,” tambahnya.


Saat melaksanakan patroli di wilayah binaannya, setiap menemukan warga yang belum menggunakan masker, pria satu anak ini berhenti dan kemudian memberikan masker yang sebelumnya dibelinya.


Warga pun sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan tersebut. 


Dalam kegiatan tersebut, Brigpol Farid Rachman juga melakukan sosialisasi agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah. Mengingat hal itu diperlukan guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona agar tidak meluas.


“Untuk sementara warga tinggal dirumah dulu, ikuti protokol kesehatan, kalau tidak ada kepentingan mendesak jangan keluar rumah. Siapa saja bisa menularkan virus, Dia mungkin saja tidak merasakan gejala karena memiliki imun yang kuat. Tapi tanpa disadari, ketika ia berinteraksi di luar rumah, dia bisa mentransmisikan virus pada orang lain,” pungkas Bripka Farid


“Kalau dia tidak ada gejala, kita tidak tahu dia positif atau tidak. Terus kemudian dia tetep jalan, tetep berkerumun dengan orang, tidak menggunakan masker, tidak jaga jarak, salaman dan lain lain, dilakukan, bisa jadi bertransmisi virrus itu,”. Untuk itu Bhabinkamtibmas berharap agar masyarakat menaati perarturan pemerintah tentang pencegahan penyebaran Covid-19, tutupnya.


Terpisah, Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si. membeberkan, kegiatan edukasi dan imbauan-imbauan terus dilakukan pihaknya, terutama di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.


“Kami bersama Pemerintah Daerah dan TNI serta instansi terkait terus melakukan tindakan antisipasi penyebaran Covid-19. Semoga dengan usaha dan doa seluruh elemen masyarakat, virus ini segera sirna,” beber AKBP Handoyo.*(RS)*