Momentum HUT Ke 78 RI, Kapolres Mabar Ajak Masyarakat Dukung Kegiatan AMMTC di Labuan Bajo

Momentum HUT Ke 78 RI, Kapolres Mabar Ajak Masyarakat Dukung Kegiatan AMMTC di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., bersama Forkopimda menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke 78 Republik Indonesia tahun 2023 dengan tema "Terus  Melaju Untuk Indonesia Maju" bertempat di lapangan Kantor Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/08/2023) pagi.

Upacara detik-detik Proklamasi tingkat Kabupaten Manggarai Barat itu dipimpin langsung oleh Bupati Edistasius Endi, SE dengan Komandan Upacara, Letda Laut (PM) Djoko Dwi Sulistyono.

Puncak peringatan detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun Ke 78 Republik Indonesia dengan pengibaran Bendera Pusaka oleh putra-putri terbaik Bumi Komodo yang tergabung dalam tim Paskibraka Kabupaten Manggarai Barat.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Marselinus Jeramun, SE. 

Terakhir, sebagai pemimpin upacara, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE membacakan amanatnya dan diakhir amanat, Ia mengungkapkan bahwa sejalan dengan semangat terus melaju untuk Indonesia maju, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat telah merencanakan konsep pembangunan tahun 2024 dengan mengusung tema "Mewujudkan Sektor Pariwisata Yang Mensejahterakan dan Memperkuat Multiplayer Effect."

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidmat tertib dan lancar dengan berlandaskan prinsip nilai-nilai semangat perjuangan para pahlawan yang telah berjasa untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., menyampaikan bahwa dengan memperingati HUT Ke 78 Republik Indonesia ini merupakan hal yang perlu disyukuri oleh seluruh anak Bangsa Indonesia.

"Momentum peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia perlu disyukuri oleh seluruh anak bangsa Indonesia karena kita terbebas dari belenggu penjajahan berkat kegigihan para pejuang kemerdekaan dimasa lampau," kata Perwira berpangkat AKBP itu usai mengikuti upacara.

Menurutnya, bentuk rasa syukur juga perlu dilakukan oleh warga masyarakat Manggarai Barat karena situasi saat ini yang aman sehingga pertumbuhan ekonomi di kawasan destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo itu meningkat serta berbagai indikator pembangunan yang berjalan dengan baik.

"Harapannya semangat mengisi kemerdekaan yang ditandai dengan semangat persatuan, kekeluargaan dan gotong royong semakin menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan berimplikasi terhadap semakin nyamannya masyarakat Manggarai Barat bekerja dan menghidupi keluarganya masing-masing," ungkap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

"Kamtibmas kondusif bukan hanya berdampak pada masyarakat setempat saja, namun kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo juga terus meningkat setiap bulan. Dan ini bagus untuk pertumbuhan ekonomi di kabupaten yang kita cintai bersama ini," tambahnya.

Selain itu, dalam mempromosikan pariwisata Labuan Bajo, banyak event internasional dilaksanakan di Kota Super Premium itu salah satunya gelaran ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime atau AMMTC ke 17 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 23 Agustus 2023 mendatang.

Sehingga momentum peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. meminta dukungan masyarakat Manggarai Barat untuk bersama-sama menyukseskan event internasional AMMTC yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo.

"Ini menjadi stimulus agar Labuan Bajo makin dikenal di mata dunia, yang harus dipertahankan adalah branding bahwa Labuan Bajo sebagai kawasan destinasi pariwisata super premium ini aman dan nyaman untuk dikunjungi," pungkasnya.**#