Mantap, Polisi Pungut Sampah Pendemo

Mantap, Polisi Pungut Sampah Pendemo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Polisi menjaga keamanan itu hal biasa, sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya, namun ada satu hal menarik perhatian, Kamis (2/7/2020) kemarin.

Saat usai aksi demonstrasi terkait Seruan Mendesak Pemerintah Daerah Manggarai Barat merealisasikan bantuan kepada mahasiswa dan menggratiskan biaya rapites pengecekan Covid-19 yang melibatkan ratusan massa Aliansi Mahasiswa Manggarai Barat di halaman Kantor Bupati Mabar.

Terlihat para Polisi setelah menjaga keamanan, membersihkan sampah bekas para pendemo yang berserakan di halaman Kantor Bupati Mabar.

Mungkin yang dilakukan para penegak hukum itu sesuatu yang sederhana, namun secara moral itu tampak luar biasa karena membersihkan sampah bekas para pendemo bukanlah tugas Polisi tapi tetap mau dilakukannya.

Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., melalui Kabag Ops Polres Mabar AKP Roberth M. Bolle, S.Psi., saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hal yang dilakukan anggotanya tersebut merupakan inisiatif dari anggota sendiri, karena melihat sampah-sampah plastik yang beserakan memenuhi halaman Kantor Bupati Mabar usai demonstrasi tersebut.

“Ini adalah salah satu bentuk Polisi sebagai pelopor revolusi mental” ungkapnya.

Meskipun itu bukan bagian dari tugas Polisi, namun dia berharap untuk masyarakat dapat mencontoh hal itu.

“Demonstrasi kan tujuannya untuk memajukan Kabupaten ini, ya kita sudah selayaknya memulai dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Itu juga merupakan bagian dari tanggung jawab terhadap Mabar tercinta,” jelasnya.

Menurut pengamatan ternyata hal mulia itu tidak hanya dilakukan oleh anggota yang berpangkat Brigadir, namun para Perwira mereka juga ikut turun tangan membersihkan sampah-sampah yang berserakan tersebut.

Demonstrasi yang berakhir sekitar pukul 15.00 wita itu berlangsung kondusif. *[RS]*