Kapolda NTT dan Pangdam Udayana Teken Perjanjian Kerjasama di Labuan Bajo

Kapolda NTT dan Pangdam Udayana Teken Perjanjian Kerjasama di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kapolda Nusa Tenggara Timur, Irjen. Pol. Johni Asadoma, M.Hum. dan Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc. meneken nota kesepahaman bersama (MoU) untuk memperkuat kerja sama antara TNI-Polri. 

"Saya dan Pangdam sudah menandatangani kerjasama sebagai turunan dari MoU yang sudah ditandatangani bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri," kata Kapolda Irjen Pol Johni Asadoma usai penandatanganan dokumen kerja sama di Aula Kemala Bhayangkari Mapolres Manggarai Barat, NTT, Senin, (04/12/2023) siang.

Irjen. Pol. Johni Asadoma, M.Hum. menjelaskan sebanyak lima kesepakatan yang akan dilakukan jajaran TNI-Polri. Pertama, kerja sama dalam tukar menukar informasi dan data-data, mengenai keamanan di wilayah hukum Polda NTT. 

Kedua kerja sama dalam pengembangan kapasitas, ketiga kerja sama dalam sarana prasarana, keempat kerja sama personel dan kelima operasional di lapangan. 

"Jadi itu substansi PKS (Perjanjian Kerja Sama) sebagai turunan MoU antara Bapak Kapolri dan Bapak Panglima TNI," katanya.

Ditempat yang sama juga Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana, Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc. menegaskan kerja sama TNI-Polri sudah terjalin baik sejak lama.

Dia menyatakan perjanjian kerja sama yang baru dilakukan merupakan bukti keseriusan dan komitmen secara tertulis institusi TNI-Polri.

"Penandatanganan kerja sama ini juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara Panglima TNI dengan Kapolri di Jakarta pada tanggal 5 Oktober 2023 yang lalu, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Tahun 2023," ungkap Pangdam IX/Udayana.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih kepada Kapolda NTT yang sudah memfasilitasi kegiatan penandatanganan draft perjanjian kerjasama ini.

"Saya mengapresiasi jajaran Kepolisian yang selama ini sangat solid dan bersinergi dengan jajaran TNI dalam pelaksanaan tugas khususnya di wilayah NTT," pungkasnya.**#