Jelang Asean Summit, Polres Mabar Laksanakan Rikes di Labuan Bajo

Jelang Asean Summit, Polres Mabar Laksanakan Rikes di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Untuk memantau kondisi kesehatan personil Polri, Polda Nusa Tenggara Timur secara rutin melakukan pemeriksaan berkala kesehatan para personil di seluruh jajarannya.

Hari ini 154 Personel Kepolisian Resor Manggarai Barat, menjalani pemeriksaan kesehatan berkala semester I tahun 2023 guna mengetahui kondisi kesehatan para personel.

Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kasi Dokkes, IPDA dr. Gde Yoga Ari Saputra, menyebutkan pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan pemeriksaan medis yang dilaksanakan untuk personel Kepolisian secara periodik, Selasa (21/03/2023) pagi.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat oleh Sie Dokkes Polres Mabar dan Biddokkes Polda NTT bekerja sama dengan ASA Laboratorium Klinik," ujar Kasi Dokkes.

Lebih lanjut disebutkan bahwa "medical check up" diperlukan untuk mengetahui kesehatan personel Polri khususnya Polres Manggarai Barat.

"Jika diketahui ada yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit untuk ditindaklanjuti," kata dokter dengan pangkat perwira balok satu dipundaknya itu.

Selain personel Polres Manggarai Barat, namun personel Polsek dan Brimob Kompi 4 Labuan Bajo juga ikut serta dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berkala sebagai upaya pencegahan. 

"Nantinya akan muncul hasil diagnosa serta digunakan pada personel yang akan mengikuti tes pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Persiapan Pendidikan dan Pengembangan (Dikbang) personel, dan anggota Polres dan Polsek jajaran yang akan diusulkan kenaikan pangkat (KNP)," ungkapnya.

Lulusan SIPSS Tahun 2021 itu mengatakan bahwa kesehatan anggota menjadi perhatian yang serius mengingat tugas pelayanan anggota membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan prima di tengah mobilitas yang tinggi dalam menghadapi kegiatan KTT Asean Summit Ke-42 Tahun 2023 pada bulan Mei mendatang.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh baik pemeriksaan fisik, darah, urine, rekam jantung, gigi, tensi, dan pemeriksaan kesehatan jiwa," jelas dr. Yoga sapaan akrabnya.**#