Bhabinkamtibmas Polsek Lembor Turun Langsung Ke Sawah Bantu Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Polsek Lembor Turun Langsung Ke Sawah Bantu Warga Binaan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Sungguh mulia hati seorang pembina desa atau yang biasa di sebut Bhabinkamtibmas. Bhabinkamtibmas Desa Pondo Polsek Lembor Bripka Adrianus Don Bosko ini tak segan dan tak takut kotor untuk membantu masyarakat menyiang (matun) gulma di sawah milik Kelompok Tani Nisang Nai di Desa Pondo, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (22/02/2021) pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya sosok Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Adrianus Don Bosko bersama warga bergotong royong menyiang gulma di sawah untuk ikut menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

Petani setempat rutin menyiang gulma di lahan tanam padi dengan tujuan agar padi di sawah tumbuh dengan baik. Hal itu dilakukan setelah benih padi yang sudah ditanam mulai tumbuh akan ada gulma atau tanaman lain yang ikut tumbuh.

Bripka Adrianus Don Bosko mengungkapkan bahwa dirinya terdorong ikut turun ke sawah untuk membantu warga yang sedang menyiang gulma sebagai upaya mendekatkan diri kepada warga sekaligus untuk menjalin kemitraan.

"Dengan turun langsung ke sawah kita bisa lebih mendekatkan diri sekaligus memberikan motivasi kepada warga binaan agar terus semangat dalam bertanam, terutama di masa pandemi Covid-19. Apalagi sebagian besar mata pencaharian warga sini adalah petani, diharapkan juga panen tahun ini melimpah, sehingga bisa mendukung ketahanan pangan," kata Pak Bhabin sapaan akrabnya.

"Jika seorang anggota Polri bisa dekat dengan masyarakat maka dalam penyampaian pesan–pesan kamtibmas pun lebih mengena," tambahnya.

Selain menyampaikan pesan–pesan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Bripka Adrianus Don Bosko juga mengajak warga untuk selalu disiplin Protokol Kesehatan dalam beraktivitas, terutama saat masa pandemi Covid-19.

"Selain imbauan kamtibmas kita juga sampaikan imbauan Protokol Kesehatan seperti membiasakan 4M. Yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan," ajak Bripka Don Bosko.

Menyikapi intensitas hujan yang sudah mulai sering dan kadang juga di barengi dengan angin kencang, Bripka Adrianus Don Bosko menyampaikan kepada warga binaan harus selalu waspada terhadap bencana. Baik itu bencana angin puting beliung, banjir ataupun tanah longsor.

"Kami sampaikan kepada warga, terutama yang tinggal disekitar hutan agar waspada terhadap angin kencang yang kadang terjadi mengiringi hujan, selain itu disaat hujan deras kami imbau agar para petani berhenti beraktifitas disawah untuk antisipasi bahaya petir," imbau Bripka Don Bosko.

Yoseph Sema, Ketua Kelompok Tani Nisang Nai menanggapi positif kehadiran Bhabinkamtibmas di sawahnya, dia tidak mengira bahwa dengan mengenakan seragam dinas lengkap, Bhabinkamtibmas akan ikut turun langsung membantu warga di sawah. 

"Sempat kaget tadi, kok ada pak polisi blusukan ke sawah. Ternyata mau membantu warga, tentunya kami sangat terbantu dengan kehadiran pak Bhabin," ucapnya.

Ia juga mengaku senang dengan kehadiran Bhabinkamtibmas. Selain membantu aktifitas warga, dengan keberadaan Polisi ditengah–tengah masyarakat maka masyarakat akan lebih tenang. 

"Dengan aktifnya pak Bhabin sambang, kami para warga jadi lebih tenang dan lebih aman," kata Yoseph Sema.

Terpisah, Kapolsek Lembor AKP Abdul Malik, S.H. membeberkan bahwa apa yang dilakukan oleh Bripka Adrianus Don Bosko adalah salah satu wujud nyata sinergitas dan kepedulian Polri untuk masyarakat, dimana Bhabinkamtibmas aktif dan hadir ditengah–tengah warga.

"Sesuai dengan instruksi Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., bahwa anggota terutama Bhabinkamtibmas harus aktif dan menjadi pelopor kamtibmas di wilayah binaan sekaligus mengimbau Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19, untuk itu tentunya kita dorong anggota agar aktif sambang di wilayah binaan," kata AKP Abdul Malik, S.H. *[RS]*