Bhabinkamtibmas Pantau Pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) di Desa Seraya Maranu

Bhabinkamtibmas Pantau Pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) di Desa Seraya Maranu

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Bhabinkamtibmas selain sebagai Bhayangkara Pembina Kamtibmas, juga memiliki tugas dan peranan sebagai pengawas penggunaan Dana Desa, yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa. 

Menyikapi hal tersebut diatas Bripka Arafik anggota Polsek Komodo, Polres Manggarai Barat, Polda NTT yang sehari–hari menjabat Bhabinkamtibmas Desa Seraya Maranu, selalu eksis dalam mengawal dan memantau perkembangan maupun penggunaan Dana Desa yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Seraya Maranu, Selasa (15/09/2020). 

Salah satu penggunaan Dana Desa tersebut adalah untuk pembangunan sebanyak 5 Unit RLH (Rumah Layak Huni) ukuran 6 x 6 meter. Salah satunya rumah milik Bapak Rahman Tarwih warga RT 01 l, Dusun 01, Desa Seraya Maranu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. 

Dari kegiatan pembangunan 5 Unit RLH ukuran 6 x 6 meter tersebut Pemerintah Desa Seraya Maranu menggunakan anggaran Dana Desa ( PAD ) Tahun 2020 sebesar Rp 441.305.000 dengan rincian anggaran per rumah masing-masing sebesar Rp 88.261.000, dan pengerjaan tersebut sudah mencapai 90%.

Dalam Kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Seraya Maranu Bripka Arafik menjelaskan bahwa pembangunan tersebut merupakan upaya Pemerintah Desa Seraya Maranu untuk menciptakan kesejahteraan warga Desa Seraya Maranu yang membutuhkan tempat tinggal yang layak.

“Alhamdulillah Pembangunan RLH milik Bapak Rahman Tarwih sudah hampir rampung, serta pembangunan RLH tersebut dari Dana Desa Tahun 2020,” ungkapnya.

Selain itu, Bripka Arafik juga memberikan himbauan agar warga masyarakat selalu mematuhi Protokol Kesehatan dalam pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 dengan cara 4M.

“Selalu Menggunakan Masker apabila keluar rumah dan selalu Menjaga Jarak ketika berada di luar rumah, Menjauhi Kerumunan serta sebelum dan sesudah melakukan aktivita di luar rumah agar selalu Mencuci Tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” himbaunya.

“Mari bersama–sama menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang sejuk aman dan damai tanpa ada perselisihan antara keluarga ataupun masyarakat lainnya dan kita boleh berbeda pendapat berbeda pilihan tapi tetap satu demi terciptanya suasana yang aman serta jangan mudah terprovokasi dengan isu–isu yang beredar yang belum tentu kebenarannya (HOAX),” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Komodo Iptu Firamuddin, S.H., menyampaikan Kegiatan tersebut juga dilakukan Bhabinkamtimbas untuk melakukan pengawasan terhadap program pemerintah di masyarakat dalam upaya pencegahan penyelewengan dana bantuan bagi masyarakat.

“Selain memantau penggunaan Dana Desa, Bhabinkamtibmas juga diminta agar terus mensosialisasikan Protokol Kesehatan pencegahan Pandemi Covid-19 dengan cara 4M serta memberikan himbauan Pilkada Serentak 2020 demi mewujudkan Pilkada yang Netral, Jujur, Adil, Aman, Tertib dan Kondusif,” ujar Kapolsek Komodo.*[RS]*