Bahas Pariwisata, Kapolres Mabar Terima Kunjungan Wakil Konjen RRT di Labuan Bajo

Bahas Pariwisata, Kapolres Mabar Terima Kunjungan Wakil Konjen RRT di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Wakil Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (KJRRT), Mrs. Zhu Yu mengunjungi Polres Manggarai Barat pada Kamis (21/08/2024) kemarin. 

Kedatangan Wakil Konjen RRT bersama rombongan tersebut diterima langsung oleh Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. didampingi Kasat Polairud, AKP I Wayan Merta dan KBO Pam Obvit, Ipda Karina Viktoria Anami, S.Tr.K.

Pada kunjungan tersebut, pihak Konjen RRT melakukan silahturahmi sekaligus berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait kunjungan warga negara Tiongkok dan memastikan keamanannya saat berwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Mrs. Zhu Yu mengatakan setelah pelaksanaan konferensi HDMC RI-RRT ke-4 di Labuan Bajo pada bulan April 2024 lalu, banyak wisawatan Tiongkok yang berbondong-bondong datang berlibur ke destinasi pariwisata super premium itu.

"Karena pertemuan kerja sama tersebut, nama Labuan Bajo telah menyebar di Tiongkok sehingga turis Tiongkok semakin banyak yang datang ke Labuan Bajo untuk berlibur," kata Wakil Konjen RRT.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Manggarai Barat atas pelaksanaan pengamanannya selama ini. Hal ini, akan menjadi tolak ukur warga negaranya untuk berkunjung ke daerah itu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian Resor Manggarai Barat yang telah terus mendukung persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia, serta mengapresiasi kontribusi yang telah diberikan oleh polisi terhadap keamanan berwisata bagi wisatawan Tiongkok di Labuan Bajo maupun destinasi pariwisata sekitarnya," ungkapnya.

Ditempat yang sama, AKBP Christian Kadang, S.I.K., mengungkapkan bahwa saat ini tingkat kunjungan wisatawan di Manggarai Barat semakin meningkat dari tahun ke tahun. Untuk menunjang keamanan wisatawan, pihak kepolisian juga sudah melakukan antisipasi dengan membuat berbagai terobosan.

"Untuk menjaga keamanan di Labuan Bajo, kami telah mengeluarkan Hotline Polres Manggarai Barat (08113832006) dan Call Center Polri (110). Kedua nomor tersebut dapat diakses langsung oleh masyarakat maupun wisatawan," ujar Kapolres Mabar.

Ia juga menjelaskan bahwa selama ini kepolisian selalu bekerja sama dengan stakeholder terkait dalam hal operasi search and rescue (SAR) maupun pelayanan kepada wisatawan.

"Kami bersinergi dengan TNI, Pemda, KSOP, Basarnas, Asosiasi Pariwisata dan instansi terkait lainnya terutama dalam kolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan dan masyarakat di destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo," jelasnya.

"Hal itu dapat dibuktikan pada setiap penanganan kecelakaan kapal wisata di perairan Labuan Bajo. Dimana, Tim SAR gabungan selalu bergerak cepat menolong para korban," tambahnya.

Mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini meminta agar pihak Konjen RRT agar terus mengimbau wisatawan Tiongkok mengenai aturan-aturan yang berlaku di Indonesia.

"Kami minta wisatawan Tiongkok untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia khususnya di Labuan Bajo seperti keselamatan dalam pelayaran, cara berbusana ditempat umum hingga terkait keselamatan dalam berlalulintas," tuturnya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dibahas terkait rencana kerjasama bilateral dalam bidang bahasa, pertukaran budaya, dan pelatihan.

"Bila ada rencana untuk melakukan pelatihan bahasa mandarin ataupun pelatihan lainnya, kami sangat menyambut baik dan kalau bisa bantuan sarana prasarana penunjang untuk kegiatan tersebut," pungkasnya.**#