TNI-Polri, Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Labuan Bajo

TNI-Polri, Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Berbagai cara dilakukan dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia. Seperti yang dilakukan TNI-Polri yang bertugas di kawasan destinasi pariwisata super premium itu dengan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut perairan Pulau Sabolo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada Rabu (16/08/2023) lalu.

Pengibaran bendera di kedalaman laut 13 meter perairan Pulau Sabolo itu merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan TNI-Polri untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus menunjukkan keindahan laut Labuan Bajo dengan berjuta kekayaan di dalamnya yang harus tetap terjaga keutuhannya. 

Kegiatan ini melibatkan 40 penyelam di antaranya personel dari Lanal Labuan Bajo, Satpolair Polres Manggarai Barat, Pos SAR Manggarai, Dive Master dari Mikumba Diving dan Persatuan Penyelam Profesional Komodo (P3KOM). Upacara pengibaran bendera dipimpin oleh Letda Laut (E) Rudi Santoso.

Lokasi penyelaman berada di perairan Pulau Sabolo pada titik koordinat 83°92'8.69" S - 119°80'92.42" E atau 9 Nautical Mile Utara dari Pelabuhan Marina Labuan Bajo

"Pengibaran bendera di bawah laut TNI-Polri bersama organisasi penyelam ini merupakan bagian menyampaikan pesan terhadap beratnya perjuangan para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan," kata Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., melalui Kasat Polair, AKP I Wayan Merta.

Ia menjelaskan pengibaran bendera merah putih di bawah laut memang tidak semudah seperti yang dilaksanakan di daratan seperti biasanya.

Menurut dia untuk pengibaran di bawah laut membutuhkan kemampuan yang mumpuni serta tenaga serta menyesuaikan dengan keadaan arus di bawah laut.

"Artinya, berbagai rintangan yang dihadapi saat mengibarkan bendera merah putih di bawah laut tersebut menjadi bagian merefleksikan para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini," ungkap Kasat Polair.

Ia menambahkan dalam kesempatan tersebut TNI-Polri juga ingin mempromosikan wisata bawah laut di Labuan Bajo kepada dunia.

"Kegiatan ini juga bagian mempromosikan wisata bahari Labuan Bajo," pungkasnya.**#