Polres Mabar Bersama Instansi Terkait Gelar Apel Persiapan Pengamanan Kegiatan KTT G20

Polres Mabar Bersama Instansi Terkait Gelar Apel Persiapan Pengamanan Kegiatan KTT G20

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat (Polres Mabar), Polda NTT bersama instansi terkait menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan Pertemuan Internasional tingkat pejabat tinggi dan tingkat menteri bidang transportasi dan BUMN Side Event G20 yang di Laksanakan di Bali pada 15-16 November 2022.

Apel gelar pasukan yang di pimpin oleh Bupati Mabar Edistasius Endi di gelar di halaman Polres Mabar, Selasa (15/11/2022)

Bupati Mabar dalam sambutannya mengatakan kita semua tahu bahwa saat ini sedang berlangsung KTT G20 di Bali yang tentu harapan kita selalu dalam kondisi sehat dalam mempersiapkan diri untuk mengamankan delegasi negara-negara peserta yang akan berkunjung ke Labuan Bajo. 

“Sebagai tuan rumah, tentu kita semua, mulai dari aparat keamanan maupun stakeholder lainnya untuk bersiap diri dalam menyambut para tamu yang akan datang di Labuan Bajo,” Pinta Bupati Mabar. 

Lanjutnya, Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan yang terutama adalah situasi keamanan di Labuan Bajo. Stabilitas keamanan tentu menjadi syarat mutlak untuk orang berkunjung ke Labuan Bajo.

“Jika stabilitas keamanan terganggu jangan berharap orang akan datang ke Labuan Bajo karena keamanan suatu wilayah menjadi syarat utama orang akan berkunjung ke wilayah kita,” Ucapnya. 

Bupati Mabar menyampaikan Labuan Bajo telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat untuk menjadi tuan rumah kegiatan ASEAN Summit pada tahun 2023, oleh karena itu Ia berharap untuk tinggalkan semua keegoan kita, sehingga situasi keamanan di Labuan Bajo tetap stabil. 

“Untuk itu, mari tinggalkan seluruh keegoan kita, untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan di Labuan Bajo,” Pintanya. 

Berbagai event-event nasional maupun internasional sudah diselenggarakan di Labuan Bajo kita telah membuktikan bahwa TNI Polri telah berhasil untuk melakukan pengaman, namun kita tidak boleh berpuas diri, karena kedepan masih ada kegiatan-kegiatan besar akan di selenggarakan di Labuan Bajo. 

“Terima kasih atas segala upaya dan kerja keras kita sehingga Labuan Bajo dijadikan sebagai tuan rumah dalam segala event nasional maupun internasional,” ucapnya. 

Sementara itu, Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Fedry Widoni, S.I.K., S.H mengatakan Meskipun Wilayah hukum Polda NTT tidak menjadi tempat perhelatan kegiatan KTT G20, Namun kita perlu mengantisipasi kemungkinan kunjungan Pimpin- pimpinan delegasi ke Labuan Bajo. 

“Untuk itu seluruh anggota di Polres Manggarai Barat maupun instansi terkait, harus selalu siap ketika para tamu delegasi berkunjung ke Labuan Bajo,” Kata Karo Ops Polda NTT saat melakukan pengecekan pasukan di halaman Mako Polres Mabar, Senin (14/11/2022) sore. 

Lebih lanjut dikatakan, objek vital yang akan menjadi sasaran pengamanan, antara lain destinasi wisata, hotel, bandara, dan pelabuhan. 

Setelah selesai memberikan sambutan Bupati Mabar di dampingi Karo Ops Polda NTT, Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si melakukannya pengecekan personil dan kendaraan taktis Polri dan TNI yang di gelar di Lapangan Apel Polres Mabar. 

Untuk diketahui, dalam rangka menjamin keamanan kunjungan tamu delegasi di Labuan Bajo,  Polda NTT menyiagakan personil sebanyak 400 personil yang terdiri dari personil Polres Mabar, Brimob, Pol Air, TNI AU, TNI AL, Satuan Pol PP, Basarnas dan pemadam Kebakaran. 

Hadir dalam kegiatan itu, Kapusdal Ro ops Polda NTT AKBP Sembiring Pribadi. S.I.K, Perwira Penghubung Mayor Inf. Ery Ninu,Kompol Karel, Kasat Pol PP Stef Salut, Perwira Polres Mabar dan Unsur Forkopimda Mabar.