Polres Mabar bersama BPBD dan Komunitas Pelita Mabar Tambah 3 Wastafel

Polres Mabar bersama BPBD dan Komunitas Pelita Mabar Tambah 3 Wastafel

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Polres Manggarai Barat bersama BPBD Manggarai Barat dan Komunitas Pelita Mabar kembali membuat Wastafel di tiga lokasi berbeda di Kota Labuan Bajo, Senin (30/3/2020).

Pengadaan Wastafel ini diharapkan dapat membantu memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona. Pasalnya, cuci tangan menggunakan sabun merupakan salah satu cara yang dinilai efektif mencegah penyebaran virus Corona.

Kali ini tiga lokasi yang dipilih sebagai tempat pengadaan Wastafel tersebut yakni Pelabuhan Pelni Labuan Bajo, persisnya depan Pos KP3 Laut.

Kemudian di depan Pasar Batu Cermin, Kecamatan Komodo serta depan Mapolres Mabar, Jalan Frans Lega, Kecamatan Komodo.

Diharapkan, masyarakat dapat mempergunakan Wastafel ini untuk rutin membersihkan tangan sebagai upaya melindungi diri dari serangan virus Corona.

Kehadiran tiga Wastafel ini sangat menggembirakan warga. Di tengah virus Corona yang menebar, masyarakat selama ini sedikit kesulitan untuk membersihkan tangan jika berada di ruang publik.

Padahal mereka tahu dengan rajin membersihkan tangan dengan menggunakan sabun, penyebaran virus Corona dapat dicegah. "Puji Tuhan, kami telah menambah 3 wastafel untuk cuci tangan. Sejak virus Corona menebar, masyarakat bingung ketika berada di ruang publik dimana bisa cuci tangan. Dengan kehadiran Wastafel ini diharapkan masyarakat lebih menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya penyakit Corona," kata Grace Irene Saeketu, Ketua Komunitas Pelita Mabar ketika ditemui usai pemasangan Wastafel di Pasar Batu Cermin.

Di samping itu wastafel dan tangki air juga didukung dengan konstruksi besi yang cukup kuat, sehingga ketiga wastafel tidak cepat rusak.

Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso,S.I.K., M.Si. mengatakan, pengadaan kembali tiga wastafel untuk mencuci tangan ini dilakukan atas inisiatif dari Polres Mabar bersama BPBD Mabar dan Komunitas Pelita Mabar. "Kami ingin wastafel di ruang publik diperbanyak guna mempermudah masyarakat untuk mencuci tangan dengan sabun. Semakin rutin masyarakat membersihkan tangannya, beliau optimis masyarakat dapat terhindar dari serangan virus Corona," kata Kapolres Mabar.

Dikatakan AKBP Handoyo Santoso,S.I.K.,M.Si., wastafel cuci tangan ini rencananya akan terus ditambah. Semakin banyak wastafel, tentunya semakin mempermudah masyarakat untuk membersihkan tangannya. "Biar hasilnya maksimal, cucilah tangan minimal 15-30 detik dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Untuk itu setiap wastafel kita lengkapi dengan sabun dan Tisu. Mari kita rutin membersihkan tangan untuk mencegah penyebaran virus Corona di Kota Labuan Bajo yang kita cintai ini," pesannya seraya mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat seluruh wastafel yang telah disediakan.*(RS)*