Peduli Lingkungan, TNI-Polri Gotong Royong Bersihkan Sampah di Pantai Bari

Peduli Lingkungan, TNI-Polri Gotong Royong Bersihkan Sampah di Pantai Bari

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - TNI-Polri bersama warga, aparatur pemerintah dan pelajar sekolah dari berbagai jenjang pendidikan di Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, Manggarai Barat, NTT melakukan aksi bersih-bersih sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang bersih, asri dan terutama bebas dari sampah plastik.

Pembersihan dilakukan di sepanjang pesisir Pantai Bari yang juga sering digunakan sebagai pasar rakyat di daerah tersebut.

"Giat bakti sosial (baksos) ini, merupakan wujud kepedulian kita dalam menjaga tempat wisata sekaligus pasar rakyat yang berada di Desa Bari. Tentunya, dengan lingkungan yang bersih dan sehat, pasti akan lebih meningkatkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan maupun masyarakat yang ingin berjualan dan membeli kebutuhan pokok," kata Kapolsek Macang Pacar, IPTU Iwan Hendriawan disela-sela kegiatan, Sabtu (13/01/2024) pagi.

Menurut Kapolsek Macang Pacar itu, dalam menjaga dan mempertahankan keindahan pesona Pantai Bari, sangat diperlukan peran bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga lingkungan pantai sekaligus pasar rakyat tersebut tetap nyaman, bersih, dan asri.

"Kondisi ini diharapkan akan menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Bari. Baik itu wisatawan lokal maupun dari luar Kecamatan Macang Pacar," ujarnya.

Ia juga menuturkan, kegiatan ini sebagai wujud nyata gotong royong TNI-Polri dan aparatur pemerintah, warga masyarakat serta pelajar.

"Kegiatan baksos ini, selain menjaga kebersihan Pantai Bari, diharapkan juga dapat meningkatkan hubungan tali silaturahmi, kerjasama dan semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat," sebut inspektur polisi satu itu.

Selain itu, dirinya mengajak dan mengimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama membersihkan dan menjaga lingkungan di sekitar kita.

"Cintai alam kita supaya bebas dari sampah, utamanya masalah sampah plastik. Sebab, sampah plastik dibutuhkan waktu ratusan tahun hingga ribuan tahun agar bisa terurai," tegasnya.**#