Jelang HUT Ke-79 RI, Kapolres Mabar Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih

Jelang HUT Ke-79 RI, Kapolres Mabar Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih

Tribratanewsmanggaraibarat.com-
Labuan Bajo - Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang, AKBP Christian Kadang, S.I.K. mengajak seluruh masyarakat untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

"Kami mengajak seluruh masyarakat di seluruh penjuru pelosok Manggarai Barat untuk berpartisipasi dalam momen bersejarah ini dengan mengibarkan dan memasang bendera Merah Putih di setiap desa maupun kelurahan mulai tanggal 01 Agustus hingga 31 Agustus 2024," kata Kapolres Mabar dengan penuh semangat pada Kamis (01/08/2024) malam.

Ia menyebutkan momentum bersejarah ini mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" sebagai momen transisi besar yang dihadapi Indonesia, menandai perubahan penting dalam perjalanan bangsa. Tema ini mencerminkan harapan dan langkah strategis bangsa untuk menghadapinya dengan tekad dan persatuan.

"Perayaan HUT ke-79 RI menandai sebuah batu loncatan penting untuk Indonesia dengan menghadapi tiga transisi besar: pergeseran ibu kota ke Kalimantan, perubahan kepemimpinan, dan persiapan menuju Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Menurut Alumni Akpol angkatan 2006 itu, momentum 17 Agustus yang diperingati setiap tahun menjadi kesempatan sangat baik untuk memupuk rasa patriotisme dan nasionalisme bagi nusa dan bangsa.

"Hari kemerdekaan ini, bukan hanya dirayakan pemerintah dan TNI-Polri saja, tetapi sebuah kebanggaan milik seluruh rakyat Indonesia," tutur AKBP Christian Kadang, S.I.K.

Ditambahkannya, perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI kali ini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat, tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan ras. 

"Spirit nasionalisme adalah kunci bagi kemajuan sebuah bangsa. Melalui momen HUT ke-79 RI, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah satu bangsa, bersatu dalam kebhinekaan menuju cita-cita bersama," ujarnya. 

Mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini, menerangkan bahwa peringatan Hari Kemerdekaan kali ini tidak hanya dirayakan dengan kemeriahan semata, tetapi juga dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangkitkan semangat kebangsaan. 

"Seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa, didorong untuk berpartisipasi dalam kampanye mengibarkan dan memasang bendera Merah Putih di halaman rumah, kantor, atau tempat-tempat strategis lainnya," jelas Kapolres Mabar.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini kepada generasi muda. 

"Dengan semangat nasionalisme yang berkobar dalam setiap jiwa, diharapkan generasi penerus bangsa akan tumbuh menjadi individu yang tangguh, berintegritas, dan cinta pada Indonesia," pesannya. 

Perwira menengah itu berharap semangat nasionalisme yang membara di daerahnya akan menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia dengan semangat yang sama.

"Melalui kebersamaan dan semangat persatuan, Indonesia diharapkan semakin maju menuju Indonesia Emas 2045 dan mendapatkan pengakuan di panggung internasional," pungkasnya.**#