Cegah Covid-19, Polres Manggarai Barat dan Polsek Jajaran Gelar Rapid Test Swab Antigen Rutin Bagi Personil

Cegah Covid-19, Polres Manggarai Barat dan Polsek Jajaran Gelar Rapid Test Swab Antigen Rutin Bagi Personil

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Personel Polres Manggarai Barat menjalani Rapid Test Swab Antigen secara bergiliran selama dua hari, yakni Kamis (25/2) dan Jumat (26/2) guna mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19 diwilayah Hukum Polres Manggarai Barat.
 
Kegiatan tersebut juga dalam rangka meningkatkan kepercayaan masayarakat kepada Personel Polres Manggarai Barat saat bertugas di lapangan, untuk memastikan aman dari virus Covid-19. 

Proses Rapid Test Swab Antigen dilakukan petugas medis yang bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dan Urkes Poliklinik Polres Manggarai Barat. Para petugas lengkap dengan alat pelindung diri (APD) melaksanakan pemeriksaan terhadap 298 Personil baik dari Polres, Polsek, Pos Pol dan Bhabinkamtibmas. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat, Jumat (26/02/2021).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Wakapolres Kompol Sukanda menyampaikan bahwa Rapid Test Swab Antigen dilakukan dalam rangka antisipasi penyebaran wabah Covid-19.

"Hal ini sebagai upaya untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 dan mengantisipasi secara dini penyebarannya terhadap Personil Polri di lingkungan Polres Manggarai Barat," kata Wakapolres.

Kompol Sukanda juga menegaskan bahwa pihak Kepolisian dalam menangani kasus Covid-19 tidak main–main. Penerapan Protokol Kesehatan pada area pelayanan publik baik di lingkungan Polres maupun Polsek jajaran Polres Manggarai Barat sendiri sudah menjadi protab dan wajib ditaati.

"Kita tidak mau lengah sedikit pun terhadap Covid-19. Oleh karena itu, deteksi dini seperti Rapid Test Swab Antigen saat ini sudah seharusnya dilaksanakan guna meminimalisir penularan Covid-19," tegas Wakapolres Manggarai Barat.

"Namun dari hasil test yang dilaksanakan selama 2 hari, hasilnya tiga orang Personil dinyatakan positif antigen dan langsung kita koordinasikan dengan Dinas Kesehatan untuk dilakukan Swab PCR dan isolasi mandiri serta kita juga sudah lakukan tracing bagi kelurga dari tiga orang Personil tersebut," ungkapnya.

Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda berpesan, kepada seluruh Personil mewajibkan untuk mematuhi Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan dinas maupun dalam kehidupan sehari–hari.

"Jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, memakai handsanitizer, wajib memakai masker dan menerapkan physical distancing maupun sosial distancing," imbau orang nomor 2 di Polres Manggarai Barat. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat karena sudah melaksanakan kegiatan Rapid Test Swab Antigen kepada Personil Polres Manggarai Barat," tambahnya. *[RS]*